Menteri Pertanian Anton Apriyantono

"Banyak Lahan di Indonesia Berubah Fungsi"

VIVAnews -  Menteri Pertanian Anton Apriyantono menyatakan, ancaman alih fungsi lahan di Indonesia pertahunnya sangat tinggi. Hal itu karena banyak lahan produktif seperti persawahan berubah fungsi menjadi perumahan dan pertokoan, seperti yang banyak terjadi di kota Bandung.

"Dalam satu tahun lahan hilang berganti fungsi mencapai hingga 40 ribu hektare," ujar Anton Apriyantono saat acara hari pangan sedunia XXVIII tingkat nasional tahun 2008, serta peresmian pameran internasional food expo 2008, Rabu 3 Desember 2008, dilapangan Tega Lega Bandung.

Oleh karena itu sebagai bentuk pencegahan, Departemen Pertanian telah menginstruksikan agar tanah persawahan di Indonesia harus mencapai angka minimal sebesar 15 juta hektare.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Dalam waktu dekat Departemen Pertanian bersama DPR akan segera mengesahkan undang-udang pengendalian lahan. "Kami tinggal menunggu amanat presiden, mudah-mudahan dengan adanya UU tersebut, pangan di Indonesia bisa terjaga dengan baik," jelas Anton Apriyantono.

Laporan: Sigit Zulminir/Bandung.

Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024