Prosesor Multi Core

Intel Siapkan Dual Core Celeron M

Managing Director Asia Territory Intel Corporation, Alexis Crowell
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

Intel Corp., produsen prosesor terbesar dunia menambahkan dua mikroprosesor murah meriah di jajaran prosesor notebooknya. Hadirnya dua prosesor ekonomis itu terungkap dari price list resmi yang dirilis dan dipublikasikan Xbit Labs, Senin 8 Desember 2008.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Dua prosesor baru itu, yakni Celeron M memungkinkan produsen notebook membuat notebook murah menggunakan kedua prosesor itu, tetapi tetap mampu menangani aplikasi multimedia dan multitasking.

Prosesor baru itu adalah Intel Celeron Mobile T1600 dan T1700 yang bekerja di kecepatan 1,66GHz dan 1,83GHz. Masing-masing memiliki L2 cache sebesar 1MB, memiliki dua buah core serta menggunakan system bus 667MHz. 

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Untuk membuat prosesor baru itu, Intel masih menggunakan proses teknologi 65 nanometer. Adapun thermal design power (TDP) kedua prosesor hanya 35 watt saja. Dari sisi harga, Intel menjual T1600 dan T1700 di kisaran harga 86 dan 80 dolar dalam satuan seribu unit pembelian.

Selain itu, Intel juga merilis update prosesor Celeron M 723 mereka. Dari sebelumnya diproduksi dengan proses 65 nanomter, versi baru dari Celeron M 723 diproduksi dengan 45 nanometer. Dari sisi kecepatan, cache, dan system bus (FSB) tidak ada yang berubah. Masih di 1,2GHz, cache 1MB, dan FSB 800MHz. Belum ada informasi harga mengenai prosesor yang memiliki TDP (pasokan daya prosesor yang dikonversikan jadi panas) hanya 10 watt itu. Detailnya sendiri tersedia di sini.

Tertarik Beli Mitsubishi XForce, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Ketersediaan prosesor Intel Celeron untuk aplikasi mobile sudah diperkirakan sebelumnya, mengingat tren ke arah multi core prosesor sudah berlangsung selama tiga tahun belakangan.

Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Harga komoditas pangan beberapa terpantau rata-rata mengalami kenaikan di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024