Calon Presiden Independen

Dewan Integritas Sebaiknya Cuma Menyeleksi

VIVAnews - Pengamat politik, Sukardi Rinakit, menyarankan Dewan Integritas Bangsa (DIB) tidak mengusung calon presiden alternatif di bursa pemilihan presiden 2009. Sebaliknya, hanya berperan sebagai lembaga yang menyeleksi kelayakan kandidat yang ingin bersaing di pemilihan nanti.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

“DIB itu akan bagus kalau hanya menyeleksi calon saja, bukan memilih. Jadi mereka hanya mengumumkan calon yang memang bagus,” kata Sukardi kepada VIVAnews, Selasa 9 Desember 2008. Sukardi merupakan pengamat politik yang kini menjadi koordinator Tim Pelangi Perubahan, yang merupakan pendukung utama Sultan merebut kursi presiden.

Dewan integritas dipimpin adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Salahuddin Wahid.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Dewan integritas merupakan lembaga yang muncul belum lama ini. Dewan itu kemudian mengadakan konvensi calon presiden alternatif. Sejumlah kader partai politik ikut seleksi itu. Di antaranya kader Partai Golongan Karya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad, anggota Komisi Pertahanan parlemen, Yuddy Chrisnandi dan Marwah Daud Ibrahim. Ada juga yang bukan dari partai, seperti Jenderal (purn) Ryamizard Ryacudu, Rizal Ramli dan putra Bung Tomo, Bambang Sulastomo.

Dewan integritas mulai konvensi 10 Januari 2009 sampai 7 Maret 2009. Tiap kandidat diprogram menjalani roadshow ke 12 kota di Indonesia. Di daerah-daerah itu mereka akan dipertemukan dengan masyarakat guna menjelaskan visi kepemimpinan jika kelak terpilih menjadi presiden.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi
Angger Dimas saat berada di makam Dante

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Angger Dimas mengungkap kenangan indah dengan sang bunda. Angger merasa Tri Rahayu merupakan sosok ibu yang sangat berjasa yang telah membuatnya sampai di titik sekarang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024