Usir Stres Dalam Lima Menit

VIVAnews - Jujur saja, ada kalanya lingkungan kerja sedang tidak bersahabat. Entah itu, karena kerjaan menumpuk, bos marah-marah, atau ada rekan kerja yang tidak bisa diajak bekerja sama. Pastinya, hal-hal itu bikin stres dan mood merosot.       

Jika itu terjadi, cobalah untuk meredam serangan sres di kantor dengan trik manjur menenangkan diri dari Kathleen Hall, PhD, pendiri sekaligus CEO of The Stress Institute, AS. Cuma lima menit!

Bersenandung
Alihkan pikiran dari pekerjaan. Dengarkan musik kesukaan Anda. Akan lebih baik jika bisa bersenandung atau ikut bernyanyi. Cara ini bisa bikin pikiran Anda lebih jernih dan segar. Sambil mendengarkan music, Anda juga dapat membuka album foto digital di layar computer atau ponsel. Dijamin, wajah happy Anda bergaya bersama orang-orang terdekat bisa jadi suntikan energi.

Tertawa, dong
Coba ingat, kapan terakhir kali Anda bisa tertawa terbahak-bahak hingga mengeluarkan air mata? Hentikan aktivitas Anda di meja kerja, dan coba mengenang kembali kejadian tersebut. Jika kehidupan Anda jarang diwarnai tawa beberapa bulan ini, cari situs komedi  atau lawakan di internet. Siapa tahu, bisa bikin Anda tertawa. 

Buka koneksi ke dunia luar
Saking sibuk dan padatnya jadwal harian, mungkin Anda tidak punya waktu ngobrol dengan teman-teman. Sisihkan waktu lima menit untuk mengirimkan email, menanyakan kabar mereka, dan menceritakan kabar Anda sekarang. Cara ini dapat melepaskan sebagian beban yang sedang Anda rasakan.

Lepaskan endorfin
Gunakan dumbel seberat 2 kg yang biasa Anda simpan di bawah meja kerja. Anda dapat melakukan gerakan angkat beban sebanyak 10 kali tiap tangan. Jika tidak ada dumbel, cobalah melakukan gerakan stretching.

Keluarkan uneg-uneg
Ungkapkan perasaan kesal Anda lewat tulisan. Dengan cara ini Anda bisa mengeluarkan energi negatif. Caranya pun bisa sesuka hati Anda. Bisa dalam bentuk tulisan tangan, tulisan ketik, maupun gambar.

Pejamkan mata
Selama bertahun-tahun, orang Spanyol sangat percaya tidur sejenak bisa mengusir stres. Sekarang giliran Anda. “Tidur sejenak sekitar 5-10 menit di siang hari, terutama saat pikiran jenuh, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi kerja, ungkap William Anthony, PhD, psikolog dan peneliti dari Boston University, dan pengarang buku The Art of Napping at Work.

Meski kantor Anda tidak menganjurkan tidur sejenak di siang hari, cobalah sisihkan waktu sebentar. Tutup pintu ruangan, kenakan penutup mata, dan rebahkan kepala Anda di meja kerja selama 5-10 menit.

Main game
Ambil waktu istirahat untuk bermain game di computer. Seperti, solitaire atau sudoku. Cara ini setidaknya bisa mengalihkan pikiran Anda dari stres kerja. .

Menyeruput teh hangat
Gantikan jadwal minum kopi dengan secangkir teh hangat. Kandungan kafein yang tidak terlalu banyak, bisa bikin Anda semangat, tanpa bikin jantung berdebar-debar.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
Sidang Perdana Perselisihan Hasil Pilpres 2024, Anies-Muhaimin

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan siap hadir di sidang pembacaan putusan sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024