Gagal Jual Fortis ke Paribas,PM Belgia Mundur

VIVAnews - Maksud hati ingin menyelamatkan perbankan nasional, apa daya malah kehilangan jabatan. Situasi inilah yang dialami Perdana Menteri Belgia, Yves Leterme, yang awal pekan ini terpaksa mengundurkan diri.

Pasalnya, kebijakan Leterme untuk menyelamatkan bank terbesar di Belgia, Fortis, dari kebangkrutan September lalu dinilai sarat kontroversi dan berakibat kemarahan di antara kalangan politisi Flemish (Belgia-Belanda). Rencana Leterme adalah menjual Fortis - yang dibentuk atas hasil merger perusahaan keuangan Belanda dan Belgia - dan aset-asetnya di Belgia kepada bank asal Prancis, BNP-Paribas.

Berdasarkan sidang Mahkamah Agung Belgia, Jumat 19 Desember 2008, keputusan Leterme tersebut tidak bisa dibenarkan dan sebagai pejabat pemerintah dia tidak boleh turut campur dalam menjual Fortis ke Paribas, yang bisa merugikan para investor. Akibatnya, penjualan Fortis ke Paribas dibekukan hingga pertengahan Februari 2009.

Merasa sudah "kehilangan muka," Leterme Senin kemarin, 22 Desember 2008, akhirnya memilih mundur dari jabatan sebagai perdana menteri, yang baru dilakoninya selama sembilan bulan. "Tidak pernah ada upaya untuk mempengaruhi dan bahkan mengganggu proses hukum [terkait jual beli Fortis]," kata Leterme seperti dikutip laman Forbes.
   
Pengamat politi dari Universitas Ghent, Carl Devos, menilai bahwa langkah Leterme menyelamatkan perbankan Belgia dinilai terlalu bernafsu sehingga melupakan norma yang berlaku. "Semua orang tahu bahwa dia ingin menunjukkan diri sebagai seorang pemimpin sejati dan yang percaya diri dalam menghadapi krisis keuangan," kata Devos

"Dia tahu dan berupaya untuk menunjukkan kepada publik bahwa dia bisa mengatasi krisis. Mungkin dia terlaku keras berupaya dan berupaya memberi pengaruh yang terlalu besar untuk membuktikannya," Devos menambahkan. 

Menurut harian berbahasa Prancis, Le Soir, setelah menerima pengunduran diri Leterme sebagai PM, Raja Albert II Senin kemarin meminta mantan PM, Wilfried Martens, untuk membantu menjaga stabilitas politik di Belgia. Salah seorang calon pengganti Leterme adalah mantan PM Jean-Luc Dehaene.

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!
Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024