SimBiz 2009

Cara Mendidik Anak Muda Jadi Pengusaha

VIVAnews - Prestasi Junior Indonesia (PJI) bekerjasama dengan Universitas  Bina Nusantara Internasional mengadakan kegiatan Kompetisi Simulasi Bisnis  2009 atau SimBiz 2009.

Menurut anggota Dewan Nasional PJI Sarwono Kusumaatmadja, kegiatan ini  bertujuan untuk melatih keberaniaan siswa dalam membuat keputusan bisnis  dengan mempertimbangkan barbagai hal yang ada dalam lingkungan bisnis dan  kondisi global.

"Tidak ada negara demokrasi yang kuat dan sejahtera kecuali kalau negara itu memiliki lapisan wiraswasta yang tangguh dan basisnya lebar," ujar dia  dalam pembukaan SimBiz 2009 di Universitas Bina Nusantara Internasional Jakarta, Sabtu 10 Januari 2008.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Sarwono mengatakan dalam PJI  generasi muda dididik untuk menjadi wiraswasta. Prioritas kepelatihan PJI  pada anak-anak Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/K). Namun tidak  tertutup kemungkinan mahasiswa boleh mengikuti. "Mereka disajikan oleh kami berbagai program yang dipilih salah satunya  membentuk student company namanya," ujar dia

Dia menambahkan, dalam student company, peserta dididik membentuk perusahaan  seperti Perseroan Terbatas (PT), membentuk direksi dan diawasi oleh  Komisaris. Setelah semua itu selesai, mereka diminta membuat produk. "Pekerjaan ini harus selesai seluruhnya dalam waktu dua semester, setelah itu  dibubarkan kan tujuannya hanya mendidik," papar dia.

Program lain, tambah dia, adalah simulasi di mana peserta dididik untuk belajar  merancang bisnis dengan menggunakan sistem informasi. "Dengan Simulasi ini ada kompetisi bisnis dengan dunia luar. Perangkat  lunaknya di seluruh dunia sama sehingga mereka bisa berkomunikasi satu sama  lain. Jadi mereka seperti terlibat dalam perdagangan ekspor-impor sesama  company," tandas dia.

Menurut dia, simulasi ini akan efektif  merangsang minat anak-anak  muda dalam dunia bisnis, sebab simulasi ini menggunakan perangkat sistem informasi. "Karena anak-anak muda sekarang sangat terpukau dengan sistem informasi,  rasa ingin tahu mereka besar," tutur dia.

Dengan adanya simulasi dengan menggunakan perangkat komputer tersebut,  jelas dia, generasi muda  dapat lebih memahami manfaat komputer yang  tidak hanya sebagai media chatting dan browser tetapi juga bisa digunakan  untuk menyusun strategi, marketing, dan lain-lain.

SimBiz ini diikuti sekitar 150 siswa Sekolah Menengah Keatas dan Kejuruan (SMA/K) dan 100 mahasiswa di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Senior Executive Accenture Hewlett Packard Hamidjojo Surjotedjo mengatakan kompetisi ini di adaptasi dari The Hewlett  Packard Global Bussiness Challenge (HPGCB), sebuah kompetisi simulasi  bisnis tingkat internasional yang diikuti lebih dari 1000 tim di berbagai  negara dunia. "Seperti simulasi HPGCB, SimBiz ini juga menggunakan software
dari Junior Achievement Worldwide yakni JA TITAN Business Simulation," kata dia.

JA TITAN sendiri, jelas dia, adalah bussiness role playing sebuah program software yang dikembangkan oleh Junior Achievement Worldwide. Dimana dalam  program tersebut, para siswa akan bertindak sebagai tim eksekutif dalam  sebuah perusahaan (manufaktur).

Pada setiap quarter operasional, tambah  dia, tugas para siswa adalah mengambil keputusan dalam enam aspek yaitu  penentuan harga, jumlah produksi, biaya marketing, biaya R&D dan  investasi."Kinerja dari setiap perusahaan akan diukur dengan menggunakan  suatu indek komposit yang disebut Performance Index (PI).

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024