Bila Si Kecil Rewel

VIVAnews – Ketika buah hati ingin sesuatu, tapi tak terpenuhi tentu bisa bikin dia rewel. Tangis si kecil pun akan sulit dihentikan. Pilihannya ada dua. Memenuhi keinginannya atau Anda mencoba cara lain untuk mengalihkan perhatiannya.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

“Yang penting, pahami dulu alasan si kecil rewel dan menangis tanpa henti,” ujar Julie Tilsner, penulis buku tentang anak.

Tapi, bukan berarti Anda langsung menyerah, dan mengabulkan semua keinginannya. Anda tak ingin membuatnya menjadi anak manja, kan? Lantas, bagaimana caranya menangani si kecil rewel, tanpa membuatnya marah pada Anda? Praktekkan tips ini pada anak berusia di bawah 4 tahun.

Apa sih, biasanya alasan buah hati merengek dan menangis tersedu-sedu?

Beberapa ahli mengatakan tangisan menjadi puncak seorang anak ketika merasa emosi mereka di luar kendali. Mereka tidak bisa mengungkapkan atau mendapatkan keinginan mereka, sehingga salah satu jalan adalah dengan merengek atau menangis. Yang lebih parah, mereka bisa menjerit.

Pemicunya bisa jadi karena lapar, kelelahan atau keinginan tak terpenuhi, yang dapat menyebabkan kemarahan seperti menyakiti diri atau merusak.

Tips menghentikan:
Sabar menjadi kunci utama. Ketika si kecil mulai menampakkan perilaku yang marah-marah sendiri, membuat mainannya berantakan hingga akhirnya menangis, lebih baik orangtua mengalah.

Kejadian ini dapat dicontohkan misalnya, ketika si anak tak sabar menunggu makanan matang. Anda sebaiknya memberikan perhatian yang lebih selama mereka menunggu masakan.

Waktu 5-10 menit akan sangat berguna bagi mereka ketimbang mereka dibiarkan sendiri dan merasakan rasa lapar. Perhatian ini bisa diberikan dengan memberikan makanan ringan. Cara ini menjadi solusi lebih baik dibandingkan Anda malah menyuruhnya diam, tanpa mengalihkan perhatiannya.

Cara lain mengalihkan perhatian si kecil, Anda dapat memindahkannya ruangan lain. Siapa tahu hal ini dapat membuatnya lupa. Atau, pilihan lainnya adalah dengan merekam suara si anak kedalam media rekaman. Selanjutnya putar kembali suara rekaman tersebut dan perdengarkan pada si anak.

MK Dibanjiri Karangan Bunga Dukung Prabowo-Gibran
Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Rupiah Amblas ke Rp 16.200 per dolar AS, Gubernur BI Lakukan Intervensi

Nilai tukar rupiah akhir-akhir ini melanjutkan tren pelemahan yang kini telah menembus level Rp 16.200 per dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024