Siaga di Rumah Saat Banjir

VIVAnews - Banjir yang sudah merendam beberapa daerah di Jakarta awal tahun ini dan tingginya curah hujan belakangan, tentu bisa bikin Anda cemas. Apalagi jika daerah tempat tinggal Anda tergolong rawan banjir.  

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Nah, agar rumah Anda aman dari banjir atau supaya tidak kewalahan saat banjir datang, sebaiknya lakukan antisipasi berikut:

- Semua perabot dan perlengkapan rumah sebaiknya diatur sedemikian rupa. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah dipindahkan saat terjadi banjir.

- Tempatkan benda-benda dan surat-surat berharga di tempat aman dan mudah dipindahkan, misalnya dalam map-map khusus kedap air atau dry box yang bisa mengapung di air.

- Siaga selalu kotak P3K, mi instan dan makanan kaleng (jangan lupa pembuka kaleng), air minum, pakaian hangat, jas hujan, sleeping bag, lampu senter, dan radio plus persediaan baterai.

- Kendaraan Anda (mobil atau motor) sebaiknya selalu dalam keadaan terisi bahan bakar, dan diparkir dalam posisi yang pas, sehingga memudahkan saat diperlukan untuk evakuasi.

- Bila Anda memiliki rumah tingkat, sebaiknya barang-barang di ruangan di lantai dua dipinggirkan agar ada ruangan kosong. Sehingga bisa dijadikan tempat evakuasi, ketika banjir melanda lantai bawah.

- Selalu siap sedia kantong-kantong berisi pasir. Sangat berguna untuk menyumpal lubang WC, saluran air di kamar mandi, tempat cuci piring, saat terjadi banjir.

- Catat dan tempel di tempat yang mudah dibaca nomor-nomor telepon penting lembaga/instansi terkait: posko banjir,  gardu PLN terdekat, dan lainnya.

- Banjir adalah musibah bersama. Ciptakan selalu jaringan komunikasi yang baik dengan tetangga (melalui RT, misalnya). Instruksi manual, nomor telepon penting, bisa Anda informasikan kepada para tetangga.

- Pantau selalu perkembangan banjir di TV, internet dan radio.

Nyamuk aedes aegypti.

Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Dinas Kesehatan saat ini turun tangan untuk mengatasi persoalan kasus DBD di Jakarta, dengan menyosialisasikan para warga untuk melakukan gerakan 3M.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024