Punya Gedung Baru, BPK Kian Semangat

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan akan terus berupaya meningkatkan kinerja pemeriksaan dan menuntaskan pencapaian mendasar di bidang kelembagaan, proses bisnis, personel serta sarana dan prasaran.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Anwar Nasution ketika meresmikan Gedung Kanor BPK, Rabu 21 Januari 2009.

Menurut Anwar, amandemen UUD 1945, paket tiga Undang-undang Keuangan Negara, serta UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK RI, mendukung kedudukan BPK sebagai lembaga yang bebas. Saat ini BPK telah melakukan banyak pencapaian dalam bidang pemeriksaan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas keuangan negara.

Pengakuan atas prestasi BPK ini, lanjut Anwar, ditunjukkan dengan meningkatnya tuntutan, harapan dan kepercayaan stakeholder. Harapan dan kepercayaan ini dapat dilihat dari terpilihnya BPK sebagai salah satu pilot project reformasi birkokrasi pemerintahan Indonesia.

"Anggaran yang diperoleh BPK  meningkat. Pada tahun 2004, anggaran Rp 329 miliar dan pada 2009 menjadi Rp 1,725 triliun," ujar Anwar. Peningkatan tersebut diikuti dengan penataan organisasi dan penambahan jumlah personel BPK.

Dua gedung yang diresmikan ini, ujar Anwar, sudah mencukupi untuk menampung seluruh personel dan kebutuhan ruang kerja staf BPK.

Untuk transparansi, kata Anwar, pembiayaan pembangunan gedung ini dilaksanakan secara multiyears. Biaya gedung dibebankan ke DIPA BPK tahun 2007 dan 2008 dengan total Rp 39 miliar. Pelaksana pembangunan adalah PT Pembangunan Perumahan (persero) dan sebagai Konsultan Manajemen Konstruksi adalah PT Yodya Karya (persero). Gedung baru ini terdiri dari 7 lantai dengan total luas bangunan 7.929,3 meter persegi.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan petinggi perusahaan tambang, Freeport McMoran di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024