Survei Transparansi Indonesia

Yogyakarta Kota Terbersih, Kupang Terkorup

VIVAnews - Transparansi Indonesia menilai Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota yang bebas dari korupsi. Pemerintah daerah Yogyakarta dinilai serius dalam pemberantasan korupsi.

"Dari 50 kota yang disurvei, Yogyakarta mendapatkan nilai tertinggi yakni 6,43," kata Manajer Riset dan Kebijakan Transparency International Indonesia, Frenky Simanjuntak, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu 21 Januari 2009.

Survei ini dilakukan terhadap 2.371 pelaku bisnis, 396 tokoh masyarakat, dan 1.074 masyarakat. Survei berlangsing September-Desember 2008.

Menurut Frenky, terpilihnya Yogyakarta ini karena sejak 2006 Kota Pendidikan itu telah membentuk Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). "Ini juga ditunjukkan keberhasilan pemerintah Yogyakarta meningkatkan kualitas pelayanan publik," jelasnya.

Kota terbersih kedua ditempati oleh Palangkaraya yang meraih nilai 6,1; Banda Aceh dengan nilai 5,87; Jambi dengan nilai 5,57; dan Mataram yang memperoleh nilai 5,41.

Dalam survei ini, Kota Kupang menduduki posisi paling buncit alias menyandang kota terkorup. Kupang hanya meraih nilai 2,97. Di atas Kupang diduduki Kota Tegal dengan nilai 3,32; disusul Manokwari (3,39), Kendari (3,43), dan Purwokerto (3,54).

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

"Nilai yang diraih Kupang karena pada tahun sebelumnya kota ini banyak terjadi kasus korupsi yang melibatkan pejabat," jelas Frenky.

Sidang kasus korupsi  (Foto ilustrasi)

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Hakim mencecar saksi sampai tidak berkutit di kasus korupsi Tol MBZ. Dalam hal itu juga diketahui kalau tender sudah disetting siapa pemenangnya. Membuat hakim jadi heran

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024