Pemilu Picu Konsumsi Premium dan Solar 2009

VIVAnews - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) memprediksi  tahun ini konsumsi premium dan solar akan melonjak enam persen dari realisasi  konsumsi pada 2008.

Anggota Komite BPH Migas Adi Subagyo Sasono mengatakan, peningkatan ini dipicu pesta demokrasi  Pemilihan Umum dan penurunan harga. "Kenaikan kami prediksi enam persen," ujar dia usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat  (RDP) dengan Komisi VII DPR Jakarta, Rabu 28 Januari 2009.

Menurut dia, dalam mengajukan kuota premium dan solar untuk APBN 2009  pemerintah belum memperhitungkan dua faktor tadi. Dengan berkaca pada  kondisi tersebut, jelas dia, maka akan diberikan penambahan kuota kedua  jenis BBM tersebut. "Pemilu itu pengaruhnya besar sekali, tetapi jika tidak ada pemilu lonjakan konsumsinya mungkin sekitar tiga sampai empat persen," papar dia.

Kendati demikian, jelas Adi, Pemerintah dan BPH Migas belum ada rencana  untuk membuat program pembatasan konsumsi premium dan solar baik berupa  smart card. Namun, kata Adi, pemerintah sudah memilirkan beberapa rencana  guna pengendalian premium dan solar di sektor transportasi diantaranya  melakukan ujicoba pemantauan dan pengendalian penyediaan, stok, dan  penjualan BBM di setiap SPBU.

Setelah itu kemudian di lanjutkan dengan membangun sistem  IT yang langsung online (terintegrasi langsung) ke BPH Migas untuk  menghindari adanya kekosongan SPBU, melakukan registrasi terhadap lembaga  penyalur Badan Usaha yang ditugaskan untuk menyediakan dan mendistribusikan  jenis BBM tertentu.  "Selama ini registrasi belum pernah dilakukan," tandas  lain.

Cara lainnya menetapkan SPBU-SPBU yang akan melayani penjualan jenis  BBM tertentu khususnya untuk kendaraan transportasi yang layak memperoleh  jenis BBM tertentu, dan melakukan pengendalian volume pembelian jenis BBM  tertentu terhadap kendaraan yang layak memperoleh subsidi serta penerapan  sistem konsinyasi pada SPBU secara bertahap ."Tetapi kembali lagi kepada  pemerintah apakah benar-benar program-program pembatasan akan  diterapkan," tutur dia.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron
Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024