Capacity Building Jadi Isu Utama APEC 2009

VIVAnews - Isu penguatan pengembangan kapasitas (capacity building) ekonomi dan teknis diperkirakan akan menjadi prioritas pertemuan Asia Pasifik Economic Cooperation (APEC) yang akan berlangsung di Singapura 14-16 Oktober 2009.

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi

"Pengembangan kapasitas dimaksudkan untuk mengurangi kesenjangan ekonomi maupun teknis di antara negara anggota APEC yang maju dan berkembang," kata Direktur Jenderal Asia Pasific dan Afrika Departemen Luar Negeri Primo A Joelianto di sela sosialisasi hasil APEC 2008 dan Prioritas 2009 di Jakarta, Rabu, 28 Januari 2009.

Dia menambahkan, capacity building merupakan komponen penting bagi ekonomi negara berkembang. Sebab, akan mempersempit perbedaan ekonomi negara berkembang dan negara maju anggota APEC.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Pada APEC 2009, kata Primo, Indonesia akan mendorong penguatan kapasitas antar negara dan memanfaatkan forum tersebut untuk kepentingan nasional.

Pertemuan APEC ke-20 di Singapura yang akan dihadiri 21 negara anggota bertema Sustaining Growth and Connecting the Region. Rangkaian acara APEC diawali pertemuan SOM I pada pertengahan Februari mendatang dan puncaknya pada APEC Economic Leaders Meeting (AELM) Oktober 2009.

Penekanan penguatan kapasitas juga datang dari Deputi V Ekonomi Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Seno Adji. Menurut dia, pengembangan ekonomi dan teknik (ecotech) merupakan satu dari tiga pilar APEC, yaitu liberalisasi investasi dan fasilitasi bisnis.

Ecotech berasal dari inisiatif negara berkembang guna mempersempit kesenjangan di antara anggota APEC. "Kami prioritaskan ke depan, Ecotech sendiri memperbesar capacity building institusi maupun perorangan dengan beberapa pembahasan prioritas," kata Seno.

Ecotech memiliki 11 working group dan 5 taskforce untuk menyusun 10 kesepakatan prioritas antara lain pada bidang pembangunan SDM, efisiensi pasar, penguatan infrastruktur ekonomi, memfasilitasi teknologi, menjaga kualitas kehidupan serta integrasi ekonomi global.
"Prioritas mencakup prioritas jangka panjang dan jangka pendek," ujarnya.

Hasilnya akan tercantum dalam kunci keberhasilan APEC 2008 dan akan ditindaklanjuti pada tahun ini.

Dia menambahkan, prioritas ecotech sejalan dengan rencana kerja pemerintah 2009 untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Seno menyebutkan, pemerintah berkonsentrasi pada bidang ekonomi, serta hal-hal di luar ekonomi tetapi berdampak luas pada pertumbuhan ekonomi. Di antaranya, program stimulus fiskal untuk pertahankan ekonomi domestik dan meningkatkan daya beli.

Prioritas peningkatan pelayanan dasar, kata dia, stabilitas pertumbuhan percepatan pembangunan infrastruktur pertanian, dan energi, serta meningkatkan ketahanan pangan dalam negeri juga termasuk.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?
Pemain Arsenal, Leandro Trossard jebol gawang FC Porto

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Leandro Trossard menegaskan bahwa Ben White bermaksud mencetak gol keduanya dalam kemenangan Arsenal atas Chelsea, meskipun ada pertanyaan apakah itu sebuah kesalahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024