KPU Keliling Daerah Sosialisasi Cara Contreng

VIVAnews - Hari pemungutan suara di depan mata. Namun, kesiapan teknis pelaksana lapangan belum maksimal. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum menggelar roadshow bimbingan teknis dan sosialisasi peraturan tentang penandaan atau pencontrengan langsung ke daerah.

"Peraturan ini revisi Peraturan Nomor 35/2009, salah satu yang direvisi tata cara penandaan," kata anggota Komisi I Gusti Putu Artha di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat 13 Februari 2009.

Sejak awal februari lalu, Komisi roadshow bimbingan teknis ke beberapa daerah seperti Makasar, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara. Hari ini, Komisi menggelar bimbingan teknis untuk komisioner Komisi se-Kalimantan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Materi bimbingan teknis itu, peraturan Komisi Nomor 03/2009 tentang tatacara pemungutan dan penghitungan suara. Selain sosialisasi paparan materi, dilakukan simulasi pengisian formulir penghitungan suara.

"Pemilu kali ini lebih kompleks, ketika simulasi memakan waktu lebih lama, perlu teknis khusus agar bisa selesai pada hari yang sama," kata Putu. Menurut dia, bimbingan teknis ini berjenjang.

Peserta diwajibkan menularkan dengan menggelar acara serupa hingga tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). "Diharapkan KPU Kabupaten/Kota dapat implementasi dan menindaklanjuti sosialisasi berjenjang hingga KPPS," kata dia.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen
Sosialisasi Regulasi Pelindungan Kerja Bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Kemnaker mendukung pelaksanaan Inpres Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistisk Nasional (NLE), yang berorientasi pada kerja sama antar instansi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024