Plus Minus Diet Food Combining

VIVAnews - Saat memilih program diet, tentu Anda ingin yang hasilnya cespleng. Salah satu diet yang cukup popoler adalah diet food combining. Tapi, tahukah Anda, tiap pola diet itu ada kelebihan dan kekurangannya? Agar tidak salah memilih, coba kenali dulu plus minus pola diet ini.

Aturan diet: Menurut diet ciptaan Dr. William Howard Hay ini, makanan yang disantap harus diselaraskan dengan mekanisme alamiah fungsi tubuh manusia. Hal itu dimaksudkan untuk meringankan kerja pencernaan sekaligus efisiensi pemakaian energi.

Disebut food combining, karena harus pandai-pandai menyelaraskan asupan makanan yang –menurut Dr. Hay—dikategorikan dalam tiga kelompok, yaitu:  makanan yang mengandung protein tinggi (daging, ikan, telur, keju, dll), makanan pembentuk basa (buah-buahan dan sayuran), dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi (gandum, beras, roti, mie, dll).

Plus: Penggabungan makanan yang tepat akan menghasilkan kadar asam dan basa yang seimbang, sehingga proses pencernaan dan metabolisme berjalan lancar.

Diet ini menganjurkan agar kita menggabungkan kelompok karbohidrat dengan kelompok pembentuk basa, atau kelompok protein dengan kelompok pembentuk basa. Sebaliknya, dilarang menggabungkan kelompok protein dengan kelompok karbohidrat, karena akan menghambat proses penyerapan gula (dari karbohidrat), sehingga nantinya bisa mengganggu stabilitas kadar gula dalam tubuh.

Minus:
Sejauh semua zat gizi tercukupi (karena tak ada pantangan makanan apa pun), mestinya tak ada reaksi tubuh yang negatif. Sejauh ini belum banyak dilakukan penelitian menyangkut diet ini dalam kaitannya dengan usaha penurunan berat badan. Hal itu menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan diet konvensional biasa.

Karena protein dan karbohidrat tidak boleh dicampur, maka bila Anda bermaksud menjalankan diet ini, harus dibuat perencanaan yang matang. Maksudnya, Anda tak perlu terlalu ‘kreatif’ menghilangkan salah satu unsur kelengkapan gizi, misalnya dengan mencoret karbohidrat atau protein. Bagaimanapun, semua unsur tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan
Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino mengkritik sejumlah pemainnya usai rebutan penalti saat menghadapi Everton.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024