Nasabah Century Surabaya Rugi Rp 650 Miliar

VIVAnews - Polisi menahan tiga kepala cabang Bank Century di Surabaya. Ketiganya terbukti memerintahkan marketing menerima investasi nasabah yang membeli produk PT Antaboga Deltasekuritas. Akibatnya, nasabah di tiga kantor cabang ini rugi hingga Rp 650 miliar.

Menurut Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Abubakar Nataprawira di Jakarta, Rabu 18 Februari 2009, setelah jatuh tempo, uang investasi dari pembelian discreationary fund Antaboga tidak bisa dicairkan.

"Karena uang sudah dipakai oleh yang bersangkutan. Khusus untuk nasabah di Surabaya telah dirugikan Rp 650 miliar dari total keseluruhan kerugian nasabah Rp 1,4 triliun," kata Abubakar.

Tiga kepala cabang yang telah ditahan di antaranya, Siti Aminah alias Mimin, mantan kepala cabang Bank Century, Panglima Sudirman, Surabaya yang ditangkap 12 Februari 2009 lalu. Selain Mimin, pejabat lainnya adalah Guntoro, mantan kepala cabang Bank Century Kertajaya Surabaya dan Julis Syahbana, mantan kepala cabang Century Rajawali, Surabaya.

"Kepada mereka dituduhkan telah melakukan tindak pidana pencucian uang dan atau penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 dan 6 UU Nomor 15/2002 tentang tindak pidana pencucian uang sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 25/2003 dan juga dikenakan pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP juncto pasal 55 dan 56," beber Abubakar.

Sementara terhadap tersangka HW, dirut Antaboga Deltasekuritas, AP pemegang saham Antaboga dan HA juga direktur Antaboga, kata Abubakar, sampai saat ini masih dalam pencarian. "Mereka masuk dalam daftar pencarian orang dan sudah dilakukan pencekalan," katanya.

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!
Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Minta Maaf ke Ijeck dan Golkar Sumut Usai Bertemu Airlangga di Jakarta

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution secara terbuka menyampaikan permintaan maaf kepada DPD Partai Golkar Sumatera Utara. Hal ini dilakukan B

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024