Penetapan Penilai Independen Bumi Mundur

VIVAnews - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) belum dapat menetapkan penilai independen untuk memeriksa transaksi akuisisi tiga perusahaan oleh PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

"Rencana minggu ini (pertemuan dengan Bursa Efek Indonesia). Tapi karena ada hal lain yang mendesak, pertemuan mundur jadi minggu depan," kata Ketua Bapepam-LK, Fuad Rahmany di Jakarta, Jumat 27 Februari 2009.

Meski demikian, Fuad belum dapat memastikan kapan penilai independen itu akan ditetapkan. "Saya belum tahu kapan," ujarnya.

Sebelumnya, Fuad mengatakan, selama proses akuisisi, semua pihak bisa menahan diri untuk melanjutkan transaksi. Informasi yang diterima Bapepam-LK, transaksi masih dalam tahap awal, sehingga dana akuisisi tiga perusahaan senilai Rp 6 triliun belum cair.

Berdasarkan pantauan pasar, pihaknya mengindikasi adanya ketidakwajaran mengenai nilai pembelian dan afiliasi. "Ini bukan berdasarkan hasil pemeriksaan tapi pengamatan global," katanya.
 
Fuad menuturkan, Bapepam-LK tidak akan membatalkan keputusan yang sepenuhnya berada pada pemegang saham, sehingga bila terjadi benturan kepentingan yang memutuskan adalah rapat umum pemegang saham (RUPS).

"Kalau pemegang saham tidak setuju, ya batal. Jadi, RUPS independen yang memutuskan, kalau setuju silakan," ujarnya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Sebelumnya, Bumi Resources melalui anak usahanya PT Bumi Resources Investment mengambil alih 89 persen saham Pendopo Coal Ltd senilai Rp 1,3 triliun. Bumi Resources Investment juga menguasai secara tidak langsung sekitar 75,74 persen saham Fajar Bumi Sakti senilai Rp 2,47 triliun.

Selain itu, Bumi mengambil alih 44 persen saham PT Darma Henwa Tbk (DEWA) sebesar Rp 2,41 triliun.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024