Departemen Keuangan

Sekarang, Waktu Yang Pas Jual Obligasi Global

VIVAnews - Dirjen Pengelolaan utang, Rahmat Waluyanto mengatakan bahwa penerbitan global bond medium term notes (MTN) waktunya sudah tepat. Selain untuk kebutuhan, penerbitan ini juga dilakukan untuk menjaga kepercayaan investor.

Rahmat menekankan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pemerintah dalam setiap penerbitan obligasi. Dari sisi kebutuhan, pemerintah memerlukan dana untuk membiayai defisit anggaran. Sedangkan, dari sisi pengembangan pasar, pemerintah membutuhkan benchmarking atau standar obligasi.

Yang juga penting, menurut Rahmat, penerbitan ini penting untuk menjaga sejarah penerbitan obligasi di Indonesia. "Kepercayaan pasar perlu dijaga dengan menjaga credit story, jadi ada sejarahnya," paparnya di Kantor Kementrian Koordnator Bidang Perekonomian, Jumat, 27 Februari 2009.

Dengan menjaga hal-hal tersebut, dia meyakini pasar Indonesia masih bisa terus dijaga bisa semakin luas terutama di Asia. "Posisi kita kan bagus dimana pertumbuhan ekonomi masih positif," kata Rahmat.

Pertimbangan terakhir dalam penerbitan tersebut adalah untuk menjaga investor yang setia. "Antusiasme mereka masih tinggi terhadap obligasi Indonesia, jadi jangan sampai mencederai," ujarnya.

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen
Teuku Ryan

Terpopuler: Teuku Ryan Tertekan Jadi Suami Ria Ricis, Nikita Mirzani Bongkar Aib Rizky Irmansyah

Teuku Ryan yang buka suara perihal kehidupan rumah tangganya bersama Ria Ricis yang kini sudah berakhir dengan perceraian, memantik rasa penasaran pembaca.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024