UNM Gelar Seleksi PMDK

VIVAnews - Universitas Negeri Makasar (UNM) menggelar seleksi PMDK. UNM semakin intens melakukan perekrutan calon mahasiswa baru. Selain akan menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Negeri Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), UNM juga melakukan seleksi calon mahasiswa melalui pintu Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK).

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Jalur PMDK itu dilakukan untuk menampung mahasiswa pada tahun akademik 2009-2010. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro BAAK UNM, Syatir Mahmud.”Kita sudah mengirimkan surat pemberitahuannya kepada masing-masing sekolah yang ada di Sulsel maupun luar Sulsel,” ujar Syatir.

Penerimaan mahasiswa PMDK untuk tahun ini berbeda dengan yang dilakukan UNM sebelumnya. Tahun ini UNM memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dari luar Sulsel, untuk bisa berkompetisi memperebutkan kursi sesuai dengan jurusan atau program studi yang diminati.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Ada dua persyaratan yang menjadi standar penilaian dari panitia PMDK UNM, yakni prestasi akademik dan prestasi bakat dan minat. Yang membedakan adalah mereka yang akan memilih seleksi melalui bakat dan minat, harus melampirkan sertifikat olah raga atau seni yang telah dilegalisir oleh KONI atau Dinas Diknas kabupaten setempat.

Pada jalur ini mahasiswa dapat mengambil jurusan seperti, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Sendratasik, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Sementara di jalur prestasi akademik, calon mahasiswa dapat memilih salah satu dari 18 program studi di kelompok IPA dan salah satu dari 27 program studi kelompok IPS.

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

”Selain kami menilai rapor, kami juga akan mengadakan seleksi tertulis melalui Tes Potensi Akademik (TPA),” tandas Syatir. Dia menambahkan untuk pelamar dari luar Sulsel tidak akan mengikuti tes TPA, hanya berdasarkan seleksi berkas saja.

Ada beberapa kelengkapan berkas yang mesti dilampirkan bagi yang berminat di PMDK UNM, misalnya, permohonan tertulis ke Rektor UNM, foto copy rapor kelas XI dan kelas XII semester 1 siswa yang lulus tahun 2009 (akademik) dan foto copy ijazah tahun 2007 dan 2008 (bakat dan minat).

Pendaftaran sendiri berlangsung hingga Maret ini dan pengumuman kelulusan akan disampaikan melalui sekolah masing-masing Mei mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya