Copa Indonesia

Persipura Melangkah Mulus ke 8 Besar

VIVAnews - Persipura Jayapura menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke babak delapan besar Copa Indonesia 2008/2009. Di babak 16 besar, Mutiara Hitam-julukan Persipura-menyingkirkan tim asal Divisi Utama, Persema Malang dengan agregat 5-1.

Di leg pertama, Persipura mengandaskan perlawanan Persema dengan skor telak 3-0. Sedangkan di leg kedua yang digelar di Stadion Gajayana, Malang, Persipura kembali mengalahkan  tuan rumah Persema Malang 2-1.

Tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Brima Pepito menit ke-46. Sedangkan Persipura berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Victor Igbonefo menit ke-76. Gol kemenangan Persipura dicetak oleh Boaz Solossa pada menit ke-84.

Pada pertandingan yang disiarkan langsung tvOne ini, Persema yang tertinggal tiga gol di leg pertama mencoba menekan pertahanan Persipura. Peluang emas bahkan sudah dapat oleh pasukan Subangkit saat pertandingan baru berjalan satu menit lewat Brima Pepito. Sayang tendangannya masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi kiper Persipura, Yandry Pitoy.

Persema terus meningkatkan gempurannya. Namun rapinya barisan pertahanan Persipura yang dimotori oleh Bio Paolin, Jack Komboy, dan Victor Igbonefo itu membuat penyerang-penyerang Persema kesulitan masih ke kotak penalti lawan.

Sebaliknya, Persipura justru mendapat peluang emas di menit ke-41. Hands ball yang dilakukan pemain belakang Persema, memaksa wasit memberikan hadiah penalti bagi Mutiara Hitam-julukan Persipura. Sayang, Boaz Solossa yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya ke sisi kiri gawang Persema masih mampu ditepis oleh I Komang Putra.       

Persema mencoba bangkit dan kembali melancarkan gempuran ke barisan pertahanan tim tamu. Sayang, hingga babak pertama usai, skor tidak berubah 0-0.

Di babak kedua, Brima Pepito kembali mengancam gawang Persipura saat wasit Yandri meniup pluit tanda pertandingan dimulai. Bedanya, aksi Pepito kali ini berbuah hasil. Berawal dari sebuah umpan sepak pojok Zaenal Ichwan, Pepito mampu mencetak gol di menit 1' lewat tandukan keras ke sisi kiri gawang yang gagal diantisipai kiper Persipura, Yandry Pitoy. 

Masih tertinggal dua gol, Persema memilih untuk tidak mengendurkan serangannya. Namun kali ini, perjuangan Jainal Ichwan cs lebih berat. Pasalnya,  gengsi sebagai pemegang pimpinan puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 membuat Persipura memilih untuk bermain terbuka.

Hasilnya, runner up Copa musim lalu itu berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Victor Igbonefo menit ke-76 memanfaatkan bola liar di depan gawang Persema. Tak puas pulang dengan hasil seri, Persipura kembali menjebol gawang Persema di menit ke-84. Kali ini gol tercipta lewat kaki Boaz Solossa.

Striker timnas itu menjebol gawang Persema lewat tendangan terukur ke sisi kiri gawang I Komang Putra. Meski mencoba mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada, Persema tak juga mampu mencetak gol. Hingga babak kedua berakhir, skor tak berubah 2-1 untuk Persipura.

 
Susunan Pemain
Persema Malang (3-5-2)
I Komang Putra (g), E Pierre, Aris Budi, Hary S/Khusaini, Sutaji, Bima Sakti (kk), M Jaenal, Mbom Julien, M Kassan (kk), Harmoko, Brima Pepito (kk)

Persipura Jayapura (3-4-3)

Yandry Pitoy (g), Jack Komboy, Bio Paolin, Victor Igbonefo, Ricardo Salampessy, Edward Ivakdalam, Imanuel Wanggai/Stevie Bonasapia, Yustinus Pae/Boaz Solossa, Ernst Jeremiah, Ian Kabes

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024