Dialog PKS, PPP & PKB

PKB Minta Syarat Koalisi Usung Tiga Agenda

VIVAnews - Partai Kebangkitan Bangsa membuka diri berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa. PKB hanya meminta syarat, koalisi mengusung tiga agenda.

"Kalau koalisi, ya harus berbasis agenda yang lebih substantif," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, dalam diskusi "Ke Mana Arah Koalisi Ba'da Pemilu 2009" di kantor Dewan Pimpinan Pusat PKS, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Kamis 5 Maret 2009.

Tiga agenda itu, pertama, kedaulatan ekonomi. "Pembangunan harus berdasarkan pemberdayaan rakyat," kata Muhaimin.

Agenda kedua, ekonomi tidak boleh bertumpu pada non-sumber daya. Perekonomian harus disusun berbasiskan sumber daya manusia dan alam. Ketiga, agenda efiensi demokrasi. "Harus ada koalisi mayoritas di parlemen supaya tidak ricuh," ujarnya.

PKB berharap betul koalisi dengan PKS dan PPP itu benar-benar terjadi. "PKS bagi PKB tidak asing dalam kebersamaan. Dulu waktu blok-blokan di DPR, pernah bareng juga pernah pisah," kata Muhaimin. "Juga dengan PPP. Ada banyak persamaanlah. Di PPP muncul juga kalangan muda."

"Kalau soal sharing, senang-senang saja. Tapi nanti-nanti dulu. Lihat Pemilu, kalau perolehannya lebih besar, ya wakil presiden. Kalau sekarang kelihatannya besar dan hasilnya besar, ya presiden," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024