Mata Elektronik untuk Orang Buta

VIVAnews - Kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan untuk menolong kondisi mata yang tak bisa melihat. Seorang kakek yang telah kehilangan penglihatan selama 30 tahun dapat melihat kilatan cahaya setelah matanya dipasangi alat elektronik yang disebut bionic eye atau mata bionik.

Kakek bernama Ron itu berusia 73. Ia dioperasi tujuh  bulan lalu di Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Inggris. Matanya dipasangi mata bionik yang juga dikenal dengan nama Argus II.

Menurut Ron, setelah matanya dipasangi Argus II, ia dapat berjalan mengikuti garis putih. "Saya dapat membedakan kaus kaki warna putih, abu-abu dan hitam," kata Ron.

"Keinginan saya selanjutnya adalah keluar rumah, melihat langit cerah dan malamnya bisa menatap bulan," ujar Ron.

Alat tersebut menggunakan kamera dan prosesor video untuk menangkap gambar. Ada kabel kecil yang menghubungkannya dengan retina mata. Sehingga memungkinkan mata dapat mengenali cahaya. 

Dengan dipasangnya alat tersebut orang yang tidak bisa melihat dapat mengenali pola gambar yang telah tertangkap kamera. Sehingga memudahkan mereka untuk mengenali benda-benda disekelilingnya.

Alat tersebut diproduksi oleh perusahaan Second Sight yang berpusat di Amerika. Saat ini sudah 18 orang di seluruh dunia yang terbantu penglihatannya dengan menggunakan alat tersebut.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024