Ketua MA Denmark Kunjungi MK

Denmark Ingin Mencontoh Indonesia

VIVAnews - Tampaknya negara Denmark ingin memiliki mahkamah konstitusi seperti di Indonesia. Untuk itu, Ketua Mahkamah Agung Denmark, Tolben Melchior, sengaja membuat kunjungan kehormatan ke Mahkamah Konstitusi RI. Padahal, Tolben merupakan tamu kehormatan Mahkamah Agung RI.

Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Mahfud MD, menilai Denmark sangat tertarik mempelajari Mahkamah Konstitusi Indonesia karena Denmark tidak mengenal lembaga semacam mahkamah konstitusi.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Kesimpulan itu Mahfud dapatkan setelah menerima kunjungan Ketua Mahkamah Agung Denmark, Tolben Melchior yang didampingi Lene Pagter Kristensen (Hakim Agung Denmark) dan Lisa Rising (Staf Administrasi Mahkamah Agung Denmark), Selasa 21 Oktober 2008.

"Mungkin mereka tertarik untuk membuat lembaga semacam MK. Sebab, bulan Januari 2009, Ketua MA Denmark akan hadir pada pertemuan MK seluruh Dunia di Cape Town," jelas Mahfud kepada VIVAnews melalui pesan singkat (SMS).

Salah satu hal yang membuat Denmark tertarik pada Mahkamah Konstitusi RI, menurut Mahfud, adalah sistem kekuasaan kehakiman di Indonesia memiliki dua puncak tertinggi, yakni Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung.

"Di Denmark uji materiil dilakukan oleh ordinary court yang merupakan bagian dari MA," sambung Mahfud. Seperti diketahui, uji materiil undang-undang di Indonesia merupakan kewenangan Mahkamah Konstitusi. Sedangkan, uji materiil aturan dibawah perundang-undangan menjadi kewenangan Mahkamah Agung.

Ia menyatakan menerima dengan hormat kunjungan Ketua MA Denmark dan dua stafnya itu.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak
PM Israel Benyamin Netanyahu bersama Batalion khusus Netzah Yehuda

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Netzah Yehuda merupakan salah satu empat batalion yang membentuk brigade infanteri Kfir. Batalyon tersebut sebagian besar beroperasi di Tepi Barat yang dikirim berperang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024