Pendiri Sun Microsystems Mundur

Salah satu pendiri Sun Microsystems, Andreas Bechtolsheim, mundur dari jabatannya sebagai Chief Architect di perusahaan itu. Bechtolsheim akan pindah ke perusahaan baru yang ia dirikan, yang bernama Arista.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Di perusahan ini, Bechtolsheim akan menjadi chairman sekaligus Chief Development Officer. Arista bermarkas di Menlo Park, California Amerika Serikat, dan memiliki sekitar 50 karyawan.

Arista bergerak di bidang jaringan, dan menjual berbagai alat switch yang mampu mentransfer data berkecepatan tinggi melalui standar 10 Gigabit Ethernet.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Switch adalah perangkat yang lazim digunakan untuk menyalurkan informasi di antara jaringan komputer. Hanya saja, produk switch Arista, memiliki keunggulan di bidang software yang menangani jaringan, dan dengan harga yang lebih murah.

Sebuah switch dari Cisco biasanya lebih kaya fitur, namun membutuhkan sekitar 20 juta saluran bagi kode software, dan menggunakan prosesor yang lebih lambat. Sementara produk Arista, memakai modul teknologi yang memungkinkan jaringan menggunakan chip yang lebih bertenaga.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Produk ini membidik perusahaan-perusahaan berorientasi data, seperti Google. Arista telah menjual switch macam ini dalam jumlah kecil ke beberapa lab pemerintah, universitas-universitas, serta perusahaan pemula di bidang internet.

Arista didirikan oleh Bechtolsheim bersama seorang Profesor dari Stanford University, David R Cheriton. Perusahaan ini baru saja membajak Jayshree Ullal, sebagai Chief Executive perusahaan itu. Sebelumnya, Ullal memimpin divisi bisnis switch milik Cisco.  

Duo Bechtolsheim dan Cheriton, juga sempat mendirikan beberapa perusahaan pemula (start-up). Mereka sempat menjadi investor awal dari Google dan perusahaan virtualisasi VMware, yang kemudian mengubah mereka menjadi miliarder di bidang TI. 

Namun, kini Bechtolsheim dan Cheriton membesarkan Arista, dengan tujuan yang berbeda. "Bila Andy (Andreas Bechtolsheim) hendak menjual kembali perusahaan ini kepada orang lain, dia tidak membutuhkan saya," ujar Ullal. "Kami berada di sini untuk membangun perusahaan ini," Bechtolsheim menjamin. 

Kontan saja, kabar mundurnya Bechtolsheim, merupakan pukulan berat bagi Sun Microsystem yang sedang bergelut dengan krisis perusahaan, akibat anjloknya harga saham serta penurunan penjualan dan keuntungan.

Walaupun demikian, Bechtolsheim akan tetap menjadi penasihat paruh waktu bagi Sun Microsystems. Bechtolsheim adalah pendiri Sun bersama Scott McNeally, yang merancang produk pertama Sun, sebuah komputer workstation, di awal 1980-an.

"Sun adalah bayi saya. Saya akan terus diasosiakan dengan perusahaan ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya