DPR Setuju Kasus Hukum Indover Diinvestigasi

VIVAnews - Komisi Keuangan DPR meminta aparat penegak hukum menginvestigasi pihak-pihak yang bertanggung jawab atas permasalahan yang membelit Indover Bank diselidiki.

Permintaan itu menjadi salah satu poin dalam kesimpulan rapat antara Komisi Keuangan dengan pemerintah dan Bank Indonesia.

"Soal invetigasi kita meminta kepada pihak yang berwenang menindak mereka yang bertanggung jawab atau terlibat dalam permasalah Indover. Mereka yang melanggar hukum kita minta untuk periksa," tegas Wakil Ketua Komisi Keuangan Olly Dandokambey usai rapat yang berakhir pukul 21.00 WIB, Kamis 23 Oktober 2008.

Pada 7 Oktober lalu, bank sentral Belanda menyatakan bahwa pengadilan Amsterdam telah menetapkan status bank dalam kondisi darurat kepada Indover Bank. Pengadilan juga menunjuk dua orang kurator atau administrator untuk pengambilalihan pengelolaan di Indover bank, dimana aset dan kewajiban Indover dibekukan.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

DPR sebelumnya melihat kejanggalan dalam penerbitan letter of comfort (LoC) oleh Bank Indonesia untuk bank-bank yang bersedia meminjamkan dananya kepada Indover.

Pada 19 Desember 2007, risalah RUPS Indover Bank menyatakan Bank Indonesia akan memperbaharui LoC yang dikeluarkan pada 2004 untuk menyatakan dukungan BI sebagai pemegang saham atas kegiatan Indover Bank. LoC dibuat Bi selaku pemegang saham hanya ditujukan kepada auditor Indover Bank untuk kepentingan opini audit.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Sebagai kelanjutan dari LoC sebelumnya yakni 25 Februari 2004 yang dikeluarkan dengan pertimbangan permintaan KPMG selaku auditor eksternal mengingat ketergantungan Indover Bank terhadap BI, tanggal 5 Februari 2008 surat BI Nomor 103/DpG/DPM kepada auditor perihal confirmation on supporting Indover Bank dikeluarkan LoC dengan menyatakan bahwa Bi sebagai pemegang saham akan mendukung kegiatan Indover Bank selama BI sebagai pemegang saham. Informasi tersebut diharapkan dapat mendukung pemberian audit opinion bagi Indover Bank.

Dalam LoC yang ditujukan kepada auditor tidak secara spesifik BI menyatakan mendukung secara finansial dan hanya menyatakan secara umum bahwa BI mendukung aktivitas bank selama BI menjadi pemegang saham.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

BI baru mengetahui kemudian bahwa LoC yang ditujukan kepada auditor eksternal Indover bank KPMG tersebut ternyata digunakan dalam salah satu klausul dalam perjanjian sindikasi senilai US$ 117,5 juta dari 9 bank dan US$ 80 juta dari 5 bank dan bahkan mengaitkna keberadaan pemerintah.

Mengetahui ini, BI akan mengambil langkah-langkah hukum dan administratif berdasarkan hasil audit investigasi oleh auditor eksternal indepensen menyangkut proses penerbitan, persetujuan dan penggunaan LoC dalam dokumen perjanjian sindikasi.

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024