Daerah Pemilihan Jawa Tengah I

Jamal Mirdad, Jenderal & Terpidana Korupsi

VIVAnews - Di daerah pemilihan Jawa Tengah I yang meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga dan Kota Semarang, terjadi pertarungan antara artis melawan Mayor Jenderal Purnawirawan. Terdapat juga orang kuat sejumlah partai mengadu nasib di daerah yang memperebutkan 8 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Adalah bintang film dan penyanyi Jamal Mirdad yang mencoba peruntungan dengan menjadi calon nomor urut 1 Partai Gerakan Indonesia Raya. Sebagai calon Gerindra yang dimotori mantan petinggi Golkar, Prabowo Subianto, suami Lidya Kandouw ini akan mendapat pesaing sepadan dari Partai Hati Nurani Rakyat yang juga dipimpin mantan petinggi Golkar, Wiranto. Hanura menempatkan mantan Panglima Daerah Militer VI/Tanjungpura, Mayor Jenderal Purnawirawan Djoko Besariman pada nomor urut 1. Setelah pensiun, Djoko didapuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jawa Tengah Partai Hanura.

Partai Golkar tak kalah mentereng dengan meletakkan mantan calon Wakil Presiden berpasangan dengan Amien Rais dalam Pemilihan Presiden 2004, Siswono Yudo Husodo. Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993) dan Menteri Transmigrasi pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998) ini dikenal sebagai tokoh bersih. Siswono juga pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia yang sekarang dijabat Prabowo Subianto.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga tak meremehkan daerah pemilihan ini. Pada nomor urut 1, PDIP memasang ketua fraksi PDIP di Dewan Perwakilan Rakyat, Tjahjo Kumolo. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, 1 Desember 1957, ini juga Ketua Bidang Politik dan Pemenangan Pemilu PDIP. Jelas, Tjahjo menguasai betul seluk-beluk Pemilu dan taktik pemenangannya.

Partai Matahari Bangsa juga mengerahkan kader terbaiknya pada nomor urut 1. Partai yang dekat dengan kalangan Muhammadiyah ini memasang Ketua Umumnya, Imam Addaraqutni, pada nomor urut 1. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (1998-2002) ini sekarang adalah Ketua Lembaga Hubungan Luar Negeri Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Imam pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada 1999-2004.

Selain Jamal Mirdad, artis lain yang menjajal nasib di daerah pemilihan ini adalah Ricky Johannes. Presenter tayangan sepakbola yang terkenal dengan nama Ricky Jo ini maju sebagai calon nomor 1 Partai Damai Sejahtera.

Politisi vokal Senayan, Alvin Lie, hanya berada di nomor urut 5 calon dari Partai Amanat Nasional. Popularitasnya sebagai politisi yang kerap berbicara kepada publik ternyata tak cukup membuatnya mendapat nomor jadi di daerah asalnya itu.

Partai Kebangkitan Bangsa memasang Kyai Haji Alamuddin Dimyati Rois pada nomor urut 1. Pencalonan anak kyai ternama Dimyati Rois dari Kaliwungu, Kendal, itu membuat heboh karena Gus Alam --begitu panggillannya-- masih tercatat sebagai Wakil Sekretaris Dewan Syuro Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) Jawa Tengah.

Sementara PKNU sendiri memasang Chatibul Umam, mantan petinggi Partai Kebangkitan Bangsa yang dipecat Abdurrahman Wahid. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat 1999-2004 maju sebagai calon nomor urut 1 dari PKNU.

Masih dari trah Nahdhatul Ulama, anak mantan Ketua Umum PKB Matori Abdul Jalil, Yafisa Matori, juga mencalonkan diri sebagai anggota DPR. Gadis kelahiran Semarang, 6 Februari 1978, ini tertantang untuk berkarir di dunia politik mengikuti jejak almarhum bapaknya. Namun Yafisa memilih masuk Partai Demokrasi Pembaruan, dan ditempatkan sebagai calon nomor urut 3.

Terakhir, dan paling kontroversial di daerah pemilihan ini, adalah calon nomor urut 1 Partai Demokrasi Pembaruan, Mardijo. Koordinator Pimpinan Kolektif Daerah PDP Jawa Tengah ini sudah divonis kasasi Mahkamah Agung hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun dan denda Rp500 juta atas dakwaan korupsi saat menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah 1999-2004. Mardijo sudah didesak mundur ketika muncul dalam daftar calon sementara (DCS), namun ternyata tetap bertahan sampai daftar calon tetap (DCT) diterbitkan.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024