Akuisisi Bank Century

Sinar Mas Didekati Banyak Bank Susah

VIVAnews - PT Sinar Mas Multiartha berulang kali mendapatkan tawaran untuk mengakuisisi bank lain, salah satunya Bank Century.

"Dalam pertemuan dengan Sinar Mas Multiartha, kami beberapa kali bicara soal tawaran dari sejumlah bank," ujar Komisaris Bank Sinar Mas, Antonius Napitupulu kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 17 November 2008. "Bank-bank itu umumnya bank yang sedang susah dan kesulitan likuiditas."

Namun, Anton enggan menyebutkan bank-bank yang dimaksud. Ia juga tak mau memastikan apakah Bank Century salah satu yang mengajukan. Yang jelas, dia mengaku sudah mendengar bahwa pemilik Bank Century termasuk yang sudah lama melakukan penjajakan dengan Grup Sinar Mas.

Wakil Presiden Direktur Bank Century, Hamidy juga menekankan bahwa penjajakan antara pemegang saham Bank Century dengan Grup Sinar Mas sudah terjadi sebelumnya. "Mereka sudah bicara sejak lama," ujarnya.

Anton menjelaskan dengan kemampuan keuangan Grup Sinar Mas, termasuk di industri jasa keuangan memang cukup memikat bagi bank lain untuk diakuisisi. Apalagi, anak-anak usaha jasa keuangan Grup Sinar Mas juga dikenal cukup kuat secara bisnis. Mereka seperti sekuritas, asuransi dan perbankan berada di bawah kendali Sinar Mas Multiartha sebagai perusahaan induk.

Bank Sinar Mas, menurut dia, kinerjanya malah melejit. Pada saat diakuisisi Sinar Mas tiga tahun lalu, aset bank ini hanya Rp 400 miliar. Namun, sekarang asetnya sudah melonjak menjadi Rp 4 triliun.
Jika Bank Century digabung dengan Sinar Mas, maka aset bank ini kian melesat. Saat ini, aset Bank Century sekitar Rp 15,2 triliun.

Pada Minggu, 16 November, Sinar Mas Multiartha akan mengakuisisi 70 persen saham milik PT Century Mega Investindo dan First Gulf Asia Holdings Ltd di Bank Century. Selanjutnya, proses akuisisi lainnya juga akan dipercepat, termasuk proses permohonan persetujuan dari pihak regulator terkait dan persetujuan para pemegang saham.

Bank Century nyaris limbung setelah pekan lalu terlambat menyetorkan prefund atau dana cadangan untuk mengantisipasi jika ada masalah mismatch dalam transaksi kliring. Karena terlambat setor dana itu, maka Bank Indonesia melarang Century mengikuti kliring.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024