Presiden Cina Kunjungi Fidel Castro

VIVAnews - Presiden Cina, Hu Jintao, menyempatkan diri bertemu dengan mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro, dalam kunjungan ke Havana, Selasa 18 November 2008. Hu dan Castro yang sedang sakit itu berbincang-bincang dalam suasana yang sangat akrab.

Castro yang saat ini berusia 82 tahun mundur dari tampuk kekuasaan sejak Juli 2006, setelah ia memberikan tampuk kepemimpinan kepada adiknya, Raul Castro. Foto resmi yang dirilis setelah pertemuan Hu dan Castro Selasa kemarin memperlihatkan Castro, dengan kedua tangannya, menggenggam tangan Hu. Dalam foto tersebut, Castro yang mengenakan pakaian dengan paduan warna merah dan hitam, tampak lebih kurus.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

“Saya senang karena saya melihat sendiri Anda telah pulih dan lebih sehat,” kata Hu kepada Castro seperti dikutip oleh kantor berita resmi Xinhua. Castro menjawab, “Kita adalah teman lama. Saya senang melihat Anda sehat seperti saat terakhir kita bertemu sebelumnya.”

Hu mencatat bahwa Castro mengirim tim medis ke Cina ketika terjadi gempa di Propinsi Sichuan, 12 Mei lalu. Castro juga berulang kali menelepon untuk memberikan instruksi kepada tim kerja di Cina.

Ini adalah kunjungan kedua Hu ke Kuba. Ia telah lebih dulu bertemu dengan Presiden Raul Castro. Kedua pemimpin negara tersebut menandatangani belasan perjanjian tentang investasi dan perdagangan. Perjanjian kerja sama tersebut antara lain tentang rehabilitasi sistem deteksi gempa dan pelabuhan-pelabuhan tua di Kuba.

Cina juga akan melanjutkan pembelian produk gula dan nikel dari Kuba. Selain itu, Cina akan menyediakan material untuk pembangunan hunian di area-area yang terkena banjir dan angin topan di Propinsi Guantanamo. Besar nilai perjanjian tersebut tidak dilaporkan.

Ikatan historis antara kedua negara komunis ini memang sangat kuat. Kunjungan pertama Hu dilakukan pada November 2004. Bagi Kuba, Cina adalah rekan dagang terbesar kedua setelah Venezuela. Nilai perdagangan bilateral kedua negara mencapai US$ 2,2 miliar pada 2007. (AP)

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Polisi mengaku masih kesulitan memeriksa sopir ugal-ugalan yang menyebabkan kecelakaan beruntun di gerbang tol Halim.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024