IFC Siap Biayai Eksportir Indonesia

VIVAnews - International Finance Corporation akan menyediakan fasilitas kredit perdagangan atau trade finance bagi para eksportir Indonesia.

"Sumber pembiayaan bagi eksportir macam-macam," ujar Kepala Badan Analisa Fiskal Anggito Abimanyu di Jakarta, Rabu, 18 November 2008. Lembaga keuangan multilateral, menurut dia, termasuk yang memberikan fasilitas pinjaman bagi eksportir.

Lembaga keuangan seperti IFC juga memberikan penjaminan terhadap bank-bank luar negeri terkait pembiayaan ekspor impor Indonesia. Lembaga keuangan lain seperti Bank Pembangunan Islam juga memberikan fasilitas serupa.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Krisis keuangan yang melanda lembaga jasa keuangan dunia menimbulkan para eksportir Indonesia kesulitan untuk mencairkan letter of credit (LC).

Untuk membantu para eksportir tersebut, menurut Anggito, dari sisi pemerintah dan Bank Indonesia, juga menyediakan payung hukum, khususnya terkait dengan penjaminan LC bagi para eksportir.

Rencananya, pekan ini, bank sentral akan mengeluarkan aturan mengenai penjaminan atas LC yang dikeluarkan oleh perbankan untuk membiayai eksportir Indonesia.

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta

"Namun, bagaimana proses dan eksekusinya tetap di tangan bank sendiri," kata Anggito. Sebab, ini sesungguhnya berlangsung antara pelaku bisnis.

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Adapun masa penahanan Harvey Moeis diperpanjang selama 40 hari ke depan mulai 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024