Gol JT Antar Inggris Ungguli Jerman

VIVAnews – Partai persahabatan antara Jerman melawan tamunya, Inggris, memang hanya berlabel persahabatan. Walau demikian, kedua tim sama sekali tak sedang mencari sahabat di atas lapangan. Dan akhirnya, Inggris lah yang berhasil tersenyum lebar saat pertandingan usai, Rabu 19 November 2008 (Kamis dinihari WIB).

Gol John Terry di menit ke-84 memastikan kemenangan 2-1 Inggris atas Jerman. Tuan rumah tampaknya salah memilih lokasi pertandingan. Laga ini digelar di Berlin, kota yang dalam sejarah tidak pernah menjadi saksi kekalahan Inggris atas Jerman. Gol Terry ini lahir setelah kepalanya bertemu dengan bola hasil tendangan bebas Stewart Downing.

Namun momen penting pasukan Inggris yang dilatih Fabio Capello sebenarnya terjadi ketika Matthew Upson berhasil mencetak gol pertama mereka di menit ke-24. Berawal dari tendangan penjuru Downing yang gagal diantisipasi kiper Adler, Upson dengan mudah bisa membuka kemenangan timnya. Gol ini kontan membawa Inggris ke suasana bertanding yang nyaman di atas angin. Trauma kekalahan 1-2 di Wembley tahun lalu kontan sirna.

Inggris tampil lebih tajam berkat dua sayap mereka, Wright-Philips dan Downing yang bisa menghadirkan tusukan-tusukan di lini pertahanan tuan rumah. Pasukan Jerman asuhan Joachim Loew memang terkesan kikuk usai kebobolan gol Upson.

Memasuki babak kedua, Loew melakukan beberapa perubahan. Kiper Adler, Jones dan Klose ditarik keluar. Mereka digantikan Wiese, Marin dan Patrick Helmes.

Hasilnya cukup positif. Helmes menghangatkan tubuh pendukung tuan rumah setelah berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-63. Kesalahpahaman lini belakang Inggris, kiper Carson dan JT, berhasil dimanfaatkan Helmes guna menjebol gawang The Three Lions. Sampai akhirnya JT membayar kesalahannya dengan mencetak gol kemenangan di menit ke-84.

Baik Inggris dan Jerman sama-sama kehilangan beberapa pemain andalannya di laga ini. Di kubu Inggris,  Wayne Rooney, Frank Lampard, Steven Gerrard, Theo Walcott, Rio Ferdinand, Ashley Cole, Gary Neville, Wes Brown, David Beckham, Michael Owen, Joe Cole dan  Owen Hargreaves yang merupakan langganan tim nasional. Sedangkan Jerman main tanpa Michael Ballack, Philip Lahm dan Torsten Frings.


Susunan pemain
Jerman:
Adler (Wiese, 46); Friedrich (Tasci, 68), Mertesacker, Westermann, Compper (Schafer, 78); Schweinsteiger, Jones (Marin, 46), Rolfes, Trochowski; Klose (Helmes, 46), Gomez (Podolski, 57)

Inggris: James (Carson, 46), Johnson, Upson, Terry, Bridge, Wright-Philips (Crouch, 94), Barry, Carrick, Downing, Defoe (Bent, 46), Agbonlahor (Young, 77)

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar Akibat Fluktuasi Rupiah hingga Kondisi Geopolitik Global

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 35 poin atau 0,49 Persen di level 7.131 pada pembukaan perdagangan Jumat pagi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024