Pizza Kaki Lima

VIVAnews – Hidangan Italia yang biasa dinikmati di kafe atau resto, sekarang banyak merambah warung kaki lima. Salah satunya di Warung Pizza Zull di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kedai ini menyajikan menu khas Italia, seperti pizza dan lasagna. Di kedai ini, hidangan Italia disulap menjadi santapan yang lebih down to earth dan disesuaikan dengan selera lidah Melayu.

Pemiliknya, Zull, yang asli Medan, mendirikan warung ini pada 1990-an. Warung Pizza Zull yang buka tiap hari pukul 18.00 ini selalu ramai dikunjungi penikmat kuliner Jakarta. Pengunjung terbanyak adalah anak muda, terutama pada malam Minggu. Pengunjung harus rela antri karena warung ini hanya mampu menampung sekitar 20 orang.

Pizza dan lasagna menjadi menu yang paling banyak dipesan pengunjung. Pizza di warung ini hanya berdiameter sekitar 15 cm dan dibagi menjadi enam potong kecil berbentuk segitiga. Di negeri asalnya, pizza dengan ukuran mini semacam ini disebut pizzetta. Namun berbeda dengan pizzetta yang umumnya tipis, roti pizza Zull terbilang cukup tebal dan empuk.

Biasanya, adonan pizza menggunakan minyak zaitun, tapi di kedai Zull ini, adonan pizza menggunakan beberapa tetes minyak bawang, sehingga cita rasanya lebih pas dengan lidah orang Indonesia.

Yang membuat pizza mini ini terlihat menggiurkan adalah topping-nya. Potongan sosis, daging ayam dan sapi, plus keju tabur memenuhi permukaan adonan pizza. Sangat nikmat lidah disantap dalam keadaan hangat saat baru dikeluarkan dari pemanggang. Topping bisa dipesan sesuai selera Anda. Rasa pizza semakin mantap dengan saus tomat yang dioleskan di atas adonan roti. Saus tomat ini merupakan racikan sendiri dari tomat asli dan bumbu rahasia.

Menu andalan lainnya adalah lasagna. Selembar pasta diletakkan di dasar wadah berlapis aluminium foil, kemudian diberi isian adonan daging sapi giling campur susu dan telur, lalu ditutup dengan selembar pasta. Tak lupa keju parut ditaburkan di atas lasagna, kemudian dipanggang. Porsinya yang berukuran sedang cukup membuat perut terisi tapi tidak terlalu berat.

Selain pizza dan lasagna, Warung Pizza Zull juga menawarkan menu lain misalnya spaghetti bolognese, fettucini, dan makaroni panggang. Bagi yang tak begitu suka makanan Italia, Anda bisa memesan roti bakar atau pisang bakar dengan rasa keju, coklat, atau coklat-keju. Sayangnya, tidak tersedia minuman unik yang bisa dicicipi. Untuk membasahi kerongkongan, hanya tersedia es teh, es jeruk, atau air mineral.

Saat bersantap di sini, jangan harap bisa menikmati makanan sembari mendengarkan alunan musik klasik khas restoran Italia berkelas. Di kedai Zull, suara para musisi jalananlah yang heboh meramaikan suasana. Namun, hal itu tak akan mengurangi kenikmatan menyantap masakan Italia khas kaki lima.

Lokasi:
Jl. Wijaya 9 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (sekitar taman PSKD)
Jam buka: Setiap hari 18.00- 24.00 WIB

Harga makanan:
Pizza                        : Rp 17.500
Lasagna                    : Rp 17.500
Spaghetti Bolognese   : Rp.13.000
Makaroni                   : Rp 17.500
Fettucini                    : Rp 13.000
Roti bakar/pisang bakar    : Rp.6.000

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana
Presiden Direktur P&G Indonesia Saranathan Ramaswamy

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Presiden Direktur Procter and Gamble (P&G) Indonesia, Saranathan Ramaswamy menilai, Indonesia memiliki prospek bisnis yang cerah di masa depan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024