900 Wisatawan Asing Akan Padati Lombok

VIVAnews - Sebanyak 900 wisatawan asing pada bulan Februaru tahun 2009 mendatang akan berkunjung ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Seluruh wisatawan yang berasal dari berbagai negara itu datang menggunakan Kapal Roterdam yang berkapasitas 1200 orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gita Ariadi mengatakan kapal tersebut akan merapat di Pelabuhan Lembar selama satu hari. "Dari 1200 kapasitas penumpang, 900 orang akan turun untuk berwisata di Lombok," ujar Gita kepada wartawan, Senin, 24 November 2008.

Karena itu, lanjut Gita, berbagai program tengah disiapkan untuk menyambut para wisatawan manca negara itu. Bahkan, koordinasi dengan berbagai pihak terutama dinas perhubungan dan otoritas pelabuhan sudah dilakukan.

Gita berharap, perbaikan fasilitas pelabuhan sebaiknya segera dilakukan terutama terkait masalah pelayanan. "Untuk memperkenalkan budaya Lombok, bila perlu dalam penyambutan nanti, kami akan gunakan Gendang Beleq (sejenis kesenian Lombok)," paparnya.

Tidak hanya itu, peningkatan kualitas sumber daya kepariwisataan juga akan segera dilakukan, dengan mengoptimalkan budaya lokal dan yang paling menonjol untuk ditunjukkan kepada wisatawan asing menurut Gita adalah keindahan alam dan keaslian budaya lokal.

Dengan demikian kedatangan 900 wisatawan asing tersebut dapat meningkatkan nilai tawar NTB dimata dunia. "Sebagai bentuk inovasi baru dinas pariwisata akan mengerahkan kapal pesiar. Ini kebanggaan kita jadi harus kita jaga kelestariannya," jelas Gita.

Laporan: Edy Gustan/Mataram.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

LSI merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024, salah satunya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami kenaikan, yakni 76,2 persen.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024