Bali Democracy Forum

Xanana Gusmao dan SBY akan Pidato di Bali

VIVAnews - Indonesia akan menjadi tuan rumah Bali Democracy Forum pada 10 Desember 2008. Forum ini merupakan inisiatif Indonesia untuk mempromosikan demokrasi di kawasan Asia dan secara internasional.

"Ini adalah forum yang cukup unik, karena ini forum antarpemerintah yang pertama di Asia untuk membahasa demokrasi," ujar juru bicara Kepresidenan, Dino Patti Djalal di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 5 Desember 2008.

Sifat forum ini, ujar Dino, tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Maka itu, forum ini juga mengundang Myanmar dan negara lainnya. Dari 34 negara yang diundang, 31 peserta dipastikan hadir. Selain itu, ada pula empat kepala negara yang diagendakan akan memberikan pidato. Keempatnya itu yakni, Presiden Yudhoyono, Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, PM Australia, Kevin Rudd, PM Timor Leste, Xanana Gusmao.

Selain itu, sebanyak 23 menteri dan tokoh terkemuka dari negara berbagai negara Asia juga dipastikan hadir. "Ini forum tahunan. Nanti akan ada working group level," tambah Dino.

Presiden juga dijadwalkan membuka Institute for Peace and Demoracy di Universitas Udayana untuk menunjang kegiatan forum ini. Penekanannya pada sharing experience. Pembukaan oleh Presiden Yudhoyono itu juga akan dibuka pada hari yang sama. Presiden Yudhoyono juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kevin Rudd.

Selain mengundang negara-negara Asia, panitia juga akan mengundang negara peninjau, seperti Itala, Inggris, Swiss, Tunisia, Amerika Serikat, dan Kanada. "Targetnya, semua negara apapun sistem politik memiliki aspirasi untuk menjadi demokrasi. Isu-isunya rill, bukan retorika," beber Dino.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024