Glamor Dan Elegan dengan Furnitur Kulit

VIVAnews – Kulit adalah salah bahan favorit pelapis furnitur. Tak hanya untuk pelapis jok sofa, kulit juga sering dimanfaatkan untuk melapisi furnitur lainnya seperti meja, kursi kerja, kursi makan, rak, atau kotak penyimpan serbaguna.

Karakter kulit yang mewah dan elegan memang bisa membawa nuansa glamor pada interior. Penataan ruang dengan furnitur bisa sesuai dengan gaya apapun, dari klasik, tradisional, hingga modern . Untuk gaya klasik dan tradisional, kulit dipadukan dengan bahan kayu berukir. Pada penataan modern, biasanya kulit dipadukan dengan bahan stainless steel.

Furnitur kulit bisa memberi kesan feminin ataupun maskulin. Warna-warna gelap seperti  hitam, coklat tua, atau abu-abu tua bisa memberi citra maskulin. Jika ingin mendapatkan sntuhan feminine, Anda bisa memilih warna putih, abu-abu pucat, krem, dan coklat muda. Pilihan warna cerah juga banyak. Mulai merah ceri, merah anggur, kuning kunyit, hingga biru.

Bahan kulit banyak ragamnya. Bisa dari kulit sapi, kerbau, banteng, hingga reptil seperti ular atau buaya. Teksturnya juga beragam. Ada yang licin mengkilat, lembut dan tidak mengkilat, ataupun yang permukaannya sedikit kasar seperti suede.

Kualitas kulit bergantung pada bahannya asli atau tidak. Banyak bahan imitasi yang kualitasnya tak sebaik kulit asli. Salah satu cara membedakan kulit asli dan imitasi adalah teksturnya. Jika diraba, kulit imitasi terasa lebih lengket. Aromanya pun berbeda. Pada kulit imitasi, biasanya tercium aroma zat kimia atau vinyl.

Perawatan
Kulit adalah salah satu bahan yang membutuhkan perhatian dan perawatan lebih teliti. Bahan ini tak bisa diperlakukan sembarangan. Kulit sangat sensitive terhadap cuaca. Bahan tersebut tidak tahan air dan udara luar. Jika sering terkena air, tekstur kulit akan berkerut, kasar, dan mudah retak-retak.

Untuk menghilangkan debu dari permukaan furnitur kulit Anda, gunakan kain yang lembut dan sedikit dibasahi air. Anda juga perlu menyemir permukaan furnitur kulit dengan bahan pembersih khusus. Sebagai perlindungan agar lebih tahan lama, oleskan pelembab kulit setelah membersihkannya. Jangan gunakan deterjen atau sabun biasa untuk mencuci furnitur kulit. Bahan kimia yang terdapa di dalamnya bisa merusak lapisan pelindungnya.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024