Pelindo II Bangun Pelabuhan Rp 300 Miliar

VIVAnews - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berencana  membangun pelabuhan kapal laut bertaraf internasional di Tanjung Jati Timur, Jambi di areal seluas 200 hektare senilai Rp 300 miliar. Seluruh dana pembangunan proyek yang diperkirakan beroperasi tahun 2011 tersebut berasal dari kas internal perusahaan.

"Pelabuhan taraf internasional itu dananya dari laba perusahaan, sekarang kami tidak memiliki utang, sehingga bisa menghimpun dana untuk ekspansi," kata Direktur Utama Pelindo II Abdullah Syaifudin di kantor kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Selasa, 16 Desember 2008.

Menurut Syaifudin, pembangunan pelabuhan tersebut ditargetkan mulai berjalan awal tahun depan oleh perusahaan kontraktor yang ditunjuk. Perusahaan berencana menggandeng Pemerintah Provinsi Jambi dalam hal pembangunan infrastruktur jalan menuju lokasi pelabuhan.

Rencananya pelabuhan tersebut digunakan untuk mengangkut berbagai macam komoditas seperti kelapa sawit, batubara, dan  komoditas lainnya dari provinsi jambi. Diproyeksikan  kapasitas tampung arus barang mencapai lima juta ton sedangkan kontainer sekitar 50 ribu TEUs.

"Selama ini sudah ada pelabuhan, tapi tidak bisa dikembangkan lebih luas karena dekat dengan kota," ungkap Syaifudin.

Kinerja Keuangan
Dia menambahkan, kinerja keuangan Pelindo hingga akhir tahun  ini diperkirakan membaik dengan laba bersih mencapai Rp 1 triliun dari target semula Rp 900 miliar.

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

Sedangkan pendapatan perusahaan mencapai Rp 2,5-2,6 triliun yang berasal dari kenaikan kenaikan arus barang dan perbaikan kinerja.

Kinerja keuangan tersebut jauh lebih baik dibandingkan kondisi ketika perusahaan memprivatisasi Jakarta International Terminal Container (JITC) beberapa waktu lalu. Kala itu, perseroan memiliki utang jatuh tempo 2002 dan tidak dapat dibayar.

Kepala BPIP Prof Yudan Wahyudi

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Almarhumah Kayla Nur Sifa meninggal saat menjalankan tes lari 12 menit dalam seleksi calon anggota paskibraka tingkat Sukabumi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024