Barry Sihotang

Alasan Apa Lagi Bendol

Peluang Tim Indonesia lolos ke final Piala AFF 2008 makin menipis, setelah ditekuk Thailand 0-1 di leg 1 semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa, 16 Desember 2008. Jika di hadapan 70.000 pendukung sendiri saja kalah, apalagi harus mencetak dua gol tanpa balas di Bangkok?

Meski hanya menang tipis lewat gol Teerasil Dangda, Thailand yang sekarang dibesut Peter Reid cukup bermain imbang saja untuk lolos, menunggu pemenang Vietnam-Singapura.

Apa alasan pelatih Indonesia, Benny Dollo kali ini?

Ia menyebut gol cepat Thailand telah membuat konsentrasi para pemain Indonesia berantakan. Nah lho! Mantan pelatih Arema Malang dan Persita Tangerang ini menilai, anak asuhnya selalu kecolongan di menit-menit awal, seperti halnya ketika melawan Singapura.

"Gol Teerasil Dangda membuat konsentrasi pemain menjadi berantakan, karena mereka terkejut dengan gol cepat tersebut. Namun, sejauh ini saya tetap puas, apalagi di babak kedua," ujar Bendol, panggilan Benny Dollo.

Bendol juga menerangkan alasannya kenapa dia menarik keluar Bambang Pamungkas dan memasukkan Talaohu Abdulmusafry di babak kedua.

"Bambang terlalu turun sehingga membuat ruang gerak bagi Thailand menjadi lebar. Itu yang menjadi alasan saya untuk menggantikannya," imbuhnya.

Ketika ditanya peluang Indonesia di leg 2 nanti di Stadion Rajamanggala Bangkok, Bendol menyatakan, walau berat, tetap optimistis timnya bisa menang. "Berat, tapi saya tetap optimis kami akan lolos ke final," tegasnya mantap.

Sayangnya, ia tak menjelaskan lebih rinci, apa yang membuatnya tetap optimistis bisa menang di Bangkok? Kalau di Jakarta saja kita kalah segalanya lawan Thailand, apalagi di Bangkok?

Apa Bendol tak mau tahu, bahwa kita kalah stamina, kalah individual skill, kalah strategi bemain dan juga kalah rasa percaya diri saat lawan Thailand? Skor memang cuma 0-1, tapi tahu tidak, betapa mengerikan jumlah shot on goal yang dilakukan penyerang Thailand?

Coba simak apa komentar pelatih ‘Singa Putih’ Peter Reid, usai pertandingan. Kepada wartawan, walau menang ia menyebut penampilan Teraatep cs yang terburuk selama ini.

Gaya Nyentrik SZA Saat Lebaran,Bikin Heboh Netizen Indonesia: Lah dia Islam?

Lha kalau buruknya saja bisa menang, apalagi main bagus? Mantan pelatih Sunderland ini menilai, timnya seharusnya mencetak lebih banyak gol.

Dominasi Thailand di babak 1 memang cukup membuat barisan belakang yang dipimpin Charis Yulianto kocar-kacir. Usai mencetak gol cepat, Thailand langsung menguasai jalannya pertandingan. Indonesia jarang mampu mendekati, apalagi mengancam gawang Kittisak Rawangpa.

"Puas? Tidak juga, karena kami seharusnya bisa mencetak gol-gol yang lebih banyak dalam laga ini. Tapi sayang, penyelesaian akhir anak asuh saya tidak cukup bisa mewujudkan gol-gol itu," kata mantan pemain tim nasional Inggris ini.

Reid memuji penampilan kiper Indonesia, Markus Horison yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang dari ancaman serangan pemain-pemain Thailand.

"Terlepas dari gol cepat, kiper tim Anda tampil bagus. Beberapa kali dia berhasil mementahkan tendangan keras pemain saya. Markus, saya nilai berani sebagai kiper, dia juga memiliki reflek yang bagus," imbuhnya.

Dengan kemenangan ini, ambisi Reid untuk membuat gawang timnya tetap "‘perawan" setidaknya sudah tercapai hingga leg 1 semifinal AFF Suzuki Cup 2008 ini. Ia berjanji akan membenahi serangan timnya di Bangkok nanti.

Kembali ke Bendol, sebaiknya jangan lagi mengumbar opimisme yang sebenarnya sudah sangat tipis untuk bisa menang di Bangkok. Materi pemain Timnas Indonesia terlihat pas-pasan, nyaris tak ada yang tampil istimewa sepanjang pertandingan.

Hal ini semakin mengundang pertanyaan, mengapa ia sama sekali (tak sejak awal) tak memilih pemain dari Persipura Jayapura yang menjadi juara paruh musim Liga Super Indonesia? Demikian pula dari Persiwa Wamena yang berada di peringkat 3, yang hanya kalah selisih gol dari Persija Jakarta.

Sebaliknya, ia memanggil Budi Sudarsono yang saat ini tak memiliki klub? Mungkin cuma di Indonesia, ada pemain masuk timnas walau tak punya klub?

Coba simak apa kata pelatih timnas Inggris soal David Beckham (LA Galaxy) dan Michael Owen (Newcastle United). Pelatih asal Italia itu menegaskan, Beckham harus bertanding saat berada di AC Milan agar dapat dipanggil kembali. Beckham (33) dipinjam Milan untuk masa waktu dua bulan.

"Bila ia bermain (untuk Milan), ia mungkin dapat diturunkan. Bila tidak, ia tidak akan bertanding dengan kami (tim Inggris)," tegasnya.

Capello tak peduli soal rekor Bobby Moore sebanyak 108 kali membela Timnas Inggris yang tengah dikejar Beckham, jika ia dimainkan lawan Spanyol, Februari 2009 nanti. “Tak peduli soal rekor. Jika ia tak main untuk Milan, lupakan timnas.”

Beckham tidak diturunkan saat Inggris menang melawan Jerman 2-1 di Berlin karena ia belum bermain sejak berakhirnya MLS (Liga Sepakbola Amerika), Oktober 2008 lalu.

Setelah menghadapi Spanyol, Inggris akan menjamu Slovakia dalam pertandingan persahabatan, 28 Maret 2009. Kemudian, mereka menghadapi Ukraina dalam kualifikasi Piala Dunia, 1 April 2009.

Sebaliknya, kepada Michael Owen, penyerang Newcastle yang sudah fit kembali, Capello menyatakan, tetap dapat diturunkan untuk Timnas Inggris. Owen (29 tahun), telah mencetak 40 gol dalam 89 pertandingan untuk Inggris namun mengalami cedera, dan Capello tidak menurunkannya dalam empat pertandingan kualifikasi Piala Dunia sepanjang 2008.

Namun, penyerang Newcastle itu mencetak gol saat menghadapi Portsmouth, Minggu, 14 Desember 2008, dalam pertandingan Liga Inggris. Sejauh ini ia telah mencetak sembilan gol dalam 15 pertandingan untuk Newcastle, musim ini.

“Bila ia siap dan fit, ia akan main pada pertandingan berikutnya," kata Capello.

Jika Beckham dan Owen saja harus tampil bagus di klubnya baru bisa masuk timnas, bandingkan dengan Budi Sudarsono yang tak punya klub?

Barry Sihotang
Komentator & Wartawan GOSport
barry_sihotang@yahoo.co.id

Komentar dan analisis Bung Barry bisa Anda simak sehari-hari di GOSport.

Untung Cahyono Minta Maaf Usai Sampaikan Khutbah Salat Id Singgung Pemilu Curang
Kecelakaan pengendara motor akibat ambil jalur kendaraan lain

Pengendara Motor Ini Minta Ganti Rugi Usai Ambil Jalur Mobil hingga Adu Banteng, Netizen Geram

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah rekaman dashcam menunjukkan pengendara motor menabrak sebuah mobil saat sedang melintas. Padahal, motor ambil jalur mobil.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024