Menikmati Budaya Daerah di Tahun Baru

VIVAnews - Kemeriahan malam pergantian tahun baru tidak melulu harus dinikmati dengan pesta kembang api ataupun musik masa kini. Kesenian daerah juga bisa menghangatkan acara tutup tahun 2008.

Adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang akan menggelar berbagai acara kesenian daerah dan hiburan menarik lainnya. Acara mulai dari parade lagu-lagu daerah, selamatan nusantara, pesta kembang api, panggung hiburan, dan pagelaran wayang kulit.

Ditargetkan acara ini bakal menyedot hingga 400 ribu pengunjung. Berbagai kegiatan itu akan dilaksanakan mulai 27-31 Desember mendatang.

Pada 27 Desember diawali dengan parade lagu-lagu daerah. Parade ini akan diikuti seluruh anjungan provinsi yang ada di kawasan TMII.

Setiap anjungan akan menyuguhkan lagu-lagu yang bernuansa sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing. Parade lagu-lagu daerah ini dikemas dalam tema "Bahana Kita Nusantara". Acara ini digelar selama sepekan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Kemudian pada 28 Desember 2008 akan digelar selamatan nusantara. Di dalamnya ada ritual-ritual bernuansa adat Jawa seperti kirab agung, malam satu suro dan grebek tumpeng.

"Nasi tumpeng dibagikan pada seluruh pengunjung yang ada secara gratis," jelas Jaya Purna Widjaya, Manajer Informasi dan Budaya TMII, seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI.

Puncak atau malam pergantian tahun akan diisi dengan pagelaran seni akbar dilanjutkan dengan hiburan rakyat yang menghadirkan grup band Radja dan pedangdut Elvi Sukaesih.

Selain itu, pada detik pergantian tahun akan digelar pesta kembang api. Setelah lewat pukul 00.00 maka acara gelar musik ini akan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Joko Edan.

Jaya Purna Widjaya menuturkan, target pengunjung pada malam pergantian tahun mendatang dipastikan bakal tercapai. Sebab, pada tahun lalu saja mencapai 300 ribu pengunjung, bahkan lebih.

Tarif tiket masuk yang akan diberlakukan per orang sebesar Rp 9.000 bagi dewasa dan Rp 4.000 untuk anak-anak.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dikemas dengan tema "Pesta Rakyat" itu, pengunjung tak perlu resah mengenai keamanannya.

Panitia telah menyiapkan 300 personel keamanan gabungan yang terdiri dari unsur satuan pengaman (satpam) TMII, Satpol PP Jakarta Timur, Polres Jakarata Timur, dan Kodim 0505.

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo: Saya Akan Bekerja untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Termasuk yang Tidak Pilih Saya

KPU sudah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024