Piala AFF 2008

Vietnam Tantang Thailand di Final

VIVAnews - Final ideal antara Thailand vs Singapura di Piala AFF 2008 urung terjadi. Vietnam menggagalkan langkah Singapura dengan kemenangan 1-0 di leg 2.

Sebelum leg 2 digelar di National Stadium, Singapura, Minggu, 21 Desember 2008, kedua tim berbekal hasil seri 0-0 di leg 1 di Vietnam. Dan ternyata hasil ini membebani skuad Singapura.

Tim asuhan Radojko "Raddy" Avramovich itu seperti kurang lepas melancarkan serangan. Terutama setelah beberapa peluang dari duet striker Noh Alam Shah dan Agu Casmir gagal membuahkan gol di babak pertama, sehingga kedudukan 0-0.

Vietnam yang juga tampil kurang berani di babak 1, tampil sebaliknya di babak 2. Pelatih Henrique Calisto mulai paham dengan strategi Singapura.

Vietnam semakin berani melancarkan serangan, bukan hanya serangan balik seperti di babak 1. Puncaknya, terjadi pada menit 75.

Serangan balik Vietnam lewat Le Ching Vinh berbuah manis. Dengan kelincahannya Le Chong Vinh menari-nari di kotak penalti dan memperdaya beberapa bek Singapura.

Dengan jeli Chong Vinh mengirim umpan kepada Quang Hai yang lebih bebas di sisi kiri kotak penalti Singapura. Quang Hai menyelesaikannya dengan tendangan keras merobek gawang Lionel Lewis.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Sontak, gol ini disambut gemuruh suporter Vietnam. Bendera merah berbintang kuning pun berkibar di National Stadium.

Ketinggalan 0-1, Singapura terus menggedor Vietnam. Sayangnya, peluang emas lewat Noh di menit 76 serta sundulan bek Baihakki Khaizan di menit 80 juga belum menemui sasaran.

Demikian pula kemelut di mulut gawang Vietnam gagal membuahkan gol. Eksekusi Shi Jiayi di menit 88 melebar ke sisi kanan gawang Vietnam.

Pertandingan diperpanjang 4 menit. Tapi, Singapura tak kunjung mampu membalas.

Balas Dendam Vietnam

Dengan hasil ini Vietnam kembali melaju ke final Piala AFF. Sebelumnya, Vietnam sempat melaju ke final 1998, saat itu masih bernama Piala Tiger, tapi dikalahkan Singapura 1-0. Vietnam sukses membalas dendam kegagalan 1998 itu.

Tapi, pasukan Paman Ho itu sudah ditunggu Thailand di final. Leg 1 akan digelar di Stadioan Rajamangala, Thailand,  Rabu, 24 Desember 2008. Vietnam giliran menggelar leg 2, Minggu, 28 Desember 2008.

Setelah sukses membalaskan dendam pada Singapura, Vietnam pasti merancang balas dendam lain pada Thailand. Vietnam ditundukkan Thailand 0-2 di penyisihan Grup B di Phuket, Thailand.

Menanam mangrove.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Dalam upaya menurunkan angka emisi karbon di Indonesia, mangrove memiliki peran penting dalam perubahan iklim dengan kemampuannya yang dapat menyerap gas rumah kaca.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024