PSSI Paksa Klub Berkorban

VIVAnews - Program timnas proyeksi Pra Piala AFF (PPA) 2011 berbenturan dengan jadwal kompetisi nasional. PSSI mengeluarkan edaran yang meminta setiap klub peserta Liga Super Indonesia (LSI) 2008 merelakan pemainnya dipanggil timnas meski kompetisi bergulir kembali Januari 2009.

Meurut Direktur Bidang Pertandingan Badan Liga Indonesia (BLI), Joko Driyono, November 2008 lalu, pihaknya telah membicarakan jadwal pemusatan latihan timnas PPA 2011 bersama Badan Tim Nasional (BTN). Saat itu ditetapkan bila jadwal TC dimulai 11 Januari 2009.

"Namun belakangan BTN merubah jadwal TC menjadi 27 Desember 2008 hingga 12 Januari 2009. PSSI lantas mengelurkan surat edaran bagi tim-tim yang pemainnya dipanggil timnas. Melalui surat edaran itu PSSI meminta setiap pemain agar tetap mengikuti TC, walau timnya sedang berlaga di kompetisi," kata Joko.

"Ini tentu sangat memberatkan klub. Tapi, BLI hanya bisa mengeksekusi policy yang ada. Bila dalam satu atau dua hari ini tidak ada perubahan apapun dari PSSI, kami akan tetap menjalankan kompetisi sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan," kata Joko di kantor BLI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Desember 2008.

Beberapa klub menurut Joko keberatan dengan instruksi PSSI. Sebagian jutru mengajukan usul agar saat pertandingan, pemain yang dipanggil timnas bisa dikembalikan sementara ke klub.

"Tapi, kami juga tidak dalam posisi pengambil keputusan. Usulan seperti ini sebaiknya disampaikan kepada PSSI," tandas Joko.

Putaran 2 LSI 2008 akan bergulir sejak 3 Januari 2009. Menurut Joko, jadwal TC timnas tak akan mempengaruhi jadwal Copa Indonesia 2008/2009 karena belum mencapai babak 16 besar.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Persiapan Lebih Lama

Terpisah, Ketua Badan Tim Nasional, Rahim Sukasah berharap timnas di bawah asuhan Benny Dollo bisa lolos ke Piala Asia 2011. Karena itu, dia meminta agar program latihan bagi Ponaryo Astaman cs bisa lebih lama dari persiapan Piala AFF 2008.

"Kami ingin memperbaiki kekuatan dan fisik pemain. Karena itu tidak bisa dalam waktu singkat seperti saat persiapan Piala AFF 2008," kata Rahim.

Pada PPA 2011, Indonesia tergabung di Grup B bersama Australia, Oman dan Kuwait. Pada pertandingan perdana, Indonesia bertandang ke kandang Oman, 19 Januari 2009.

Rencananya, timnas akan bertolak ke Oman, 12 Januari 2009. Sebelum bertanding lawan Oman, pasukan Benny Dollo akan menggelar satu kali uji coba kontra tim lokal di Oman, yang dijadwalkan 15 Januari 2009.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City
Ketua DPRD Klungkung

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM dan lainnya lagi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024