Libur Akhir Tahun

Kendaraan ke Puncak Capai 10 Ribu per Jam

VIVAnews - Menjelang tahun baru 2009, kawasan Puncak Kabupaten Bogor makin ramai didatangi ribuan wisatawan yang mengunakan kendaraan roda dua dan empat. Mereka hendak menghabiskan hari libur panjang di kawasan Puncak.

Sejak pukul 09.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak sudah macet. Kemacetan terlihat dari Pos Polisi Gadog I yang terletak 3 kilometer selepas pintu keluar Tol Ciawi, hingga Jalan Raya Puncak-Cipayung Girang.

Guna menghindari kemacetan total, pada pukul 10.00 - sampai 11.00 WIB, petugas Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup jalur lokal atau pemenggalan jalan di simpul-simpul kemacetan.

Kasat Lantas Polres Bogor Ajun Koisaris Alfian Nurrizal menjelaskan, empat hari liburan panjang ini jumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak masih terus memadati jalan raya Puncak.

"Hari ini volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak mencapai 800 sampai 10.000 per jam," ujar Alfian, Senin, 29 Desember 2008.

Alfian menambahkan, dengan diberlakukannya one way kemacetan yang biasa terlihat sedikit terurai. Kemacetan di jalur initerjadi di Simpang Gadog, Tanjakan Selarong, Cibogo, Cipayung,  Megamendung, Pasar Cisarua, Taman Safari Indonesia, Masjid Attaawun, dan Riung.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Sistem pemberlakuan satu jalur baru bisa dilakukan siang dan sore hari saat volume kendaraan dari arah Jakarta makin meningkat.

Alfian kembali mengingatkan kepada warga Jakarta yang akan ke Puncak, Bogor, pada 31 Desember 2009 yakni pukul 13.00 WIB jalan menuju Puncak akan ditutup total dari arah Jakarta.

Hingga sore ini, kendaraan dari arah Jakarta tidak bergerak selama beberapa jam. Akibatnya, petugas mengalihkan ke jalur alternatif Pasir Muncang, Pasir Angin, dan Jalan Desa Pandansari.

"Kendaraan dari arah Jakarta dialihkan ke Sukabumi, sedangkan dari arah Bandung akan dialihkan ke Cipularang." ujar Alfian.

Laporan : Ayatullah Humaeni/ Bogor

Chandrika Chika.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba

Chandrika Chika, tak henti-hentinya menggemparkan publik dengan berbagai kontroversi dan saat Chika resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus narkoba

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024