Penuhi Desakan Masyarakat

Sunset Policy Pajak Bakal Mundur Hingga 2009


VIVAnews
- Pemerintah mempertimbangkan untuk memperpanjang program sunset policy pajak menyusul desakan dari masyarakat yang terpanggil untuk menjadi pembayar pajak.

"Pemerintah mempertimbangkan memperpanjang sunset policy sampai dengan Februari 2009," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Presiden, Jakarta, Selasa, 30 Desember 2008.

Sunset policy
adalah kebijakan penghapusan administrasi pajak bagi wajib pajak yang melaporkan kewajiban pajaknya secara benar.

Dia mengakui banyak sekali masyarakat yang menghendaki agar sunset policy ini diperpanjang. Permintaan masyarakat itu diketahui dari hasil sosialisasi penuh yang dilakukan di berbagai daerah dan bertemu langsung dengan para wajib pajak terutama individual dan para pelaku yang lain.

Sosialisasi membuat jumlah pendaftar nomor pokok wajib pajak (NPWP) membludak hingga tembus 10,2 juta wajib pajak. Itu mencakup wajib pajak baru dan lama. Dari 10 juta pemilik NPWP ini, sebanyak 3 juta wajib pajak adalah pemohon NPWP baru pada 2008.

Menkeu berharap dengan semakin banyaknya wajib pajak, penerimaan pajak diharapkan semakin meningkat. Saat ini, sudah melebihi 7 persen dari target penerimaan pajak. "Berapa persisnya, nanti akan dilaporkan ke Presiden setelah penutupan tahun buku."

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024