Komputer Jinjing

Netbook dengan Penyimpanan Hybrid

MSI, salah satu pemain utama di industri motherboard dan juga notebook, mengumumkan produk netbook yang inovatif. MSI U115, nama netbook itu, memiliki dua media penyimpanan utama yakni harddisk ATA biasa dan juga harddisk solid state drive.

Menurut berita pers yang dirilis Senin, 29 Desember 2008, MSI menghadirkan produk ini untuk memberikan alternatif lain bagi pengguna netbook yang membutuhkan media penyimpanan yang lebih luas yang belum ada di jajaran produk netbook MSI sebelumnya. Tetapi, meskipun memiliki dua media simpan, MSI tetap membuat U115 dalam ukuran ringkas layaknya netbook lainnya.

U115 memang tidak masuk dalam jajaran MSI Wind yang populer itu, tetapi kalau melihat spesifkasi dan desainnya, keduanya tampak serupa. Bedanya, U115 menggunakan platform Intel Poulsbo US15W yang kompatibel dengan prosesor Atom Z530. Netbook saat ini umumnya menggunakan prosesor Atom N270. Meskipun memiliki clock speed sama, Z530 menggunakan daya yang lebih rendah, yakni 2 watt (N270 2,5 watt), mendukung teknologi virtualisasi, ukuran yang lebih kecil serta voltase yang lebih rendah. Untuk media penyimpanan, U115 bisa menggunakan harddisk SATA 2,5 inci berukuran 120GB atau 160GB dan SSD berukuran 8 atau 16GB.

Kelebihan metode penyimpanan hybrid pada netbook adalah baterai yang lebih awet, tetapi juga bisa menghadirkan kinerja yang lebih cepat. Pada netbook ini, pengguna juga bisa menonaktifkan harddisk dari sistem dengan mudah. Cukup dengan menekan satu tombol yang disediakan.

Perlengkapan lain netbook ini relatif sama dengan yang lain. Memori DDR2 sebesar 1GB, card reader 4 in 1, kamera web 2MP, wi-fi, bluetooth, dan pilihan baterai 3 cell atau 6 cell. Sampai saat ini MSI belum menginformasikan kisaran harga netbook yang bersangkutan.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024