BI Awasi Ketat Bank Bermodal Cekak

VIVAnews - Bank Indonesia akan mengawasi secara ketat bank-bank yang rasio kecukupan modalnya (CAR) kurang dari 12 persen. Sebab, mengacu pada Arsitektur Perbankan Indonesia, bank diharapkan memiliki modal minimal 12 persen.

"Kami akan awasi bank-bank itu dengan ketat," kata Gubernur Bank Indonesia Boediono di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta, Rabu 31 Desember 2008.

Sebelumnya Ketua Perhimpunan Bank-Bank Swasta (Perbanas) Sigit Pramono mengungkapkan dari hasil pengamatannya saat ini ada 19 -20 bank yang perlu dimonitor secara lebih ketat. Bank-bank itu memiliki modal cekak di bawah 12 persen, serta memiliki rasio kredit bermasalah (NPL) di atas 5 persen.

Rasio yang dimiliki sejumlah bank tersebut tidak sesuai dengan acuan Bank Indonesia. Bahkan, menurut dia, rasio NPL sejumlah bank itu di atas rata-rata NPL perbankan nasional sebesar 4 persen.

Saat ini, total jumlah bank di Tanah Air sebanyak 126 bank. Jumlah itu sudah jauh berkurang dibandingkan sepuluh tahun lalu yang mencapai lebih dari 200 bank.

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya
Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Jarimu Harimaumu” pada tanggal 26 April 2024 di Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024