Hidung Ular Berada di Lidah

VIVAnews – Pernah melihat ular secara langsung? Binatang ini mudah dijumpai di kawasan pedesaan. Bentuknya panjang dan kalau berjalan mirip kereta api. Meliuk-liuk menyusur tanah. Teman-teman bisa juga melihat langsung di kebun binatang.

Ular termasuk binatang yang pintar. Binatang melata ini dapat melindungi dirinya dari musuh dengan bergerak cepat tanpa bersuara. Biasanya, mereka menyembunyikan diri di antara pepohonan. Sehingga, tidak terlihat dan dengan mudah.

Dengan bersembunyi dan tanpa bersuara, ular juga bisa mendapatkan makanannya seperti kodok. Jadi, saat kodok datang, ular akan bersembunyi dan bergerak perlahan lalu menghampiri kodok dan langsung memakannya.

Ha itu dapat dilakukan ular dengan mudah padahal matanya tidak bisa melihat dengan jelas lho teman-teman. Dan, pendengaran ular juga lemah jadi tidak bisa menangkap suara dengan jelas. Lalu mengapa ya, ular bisa dengan mudah melarikan diri dari musuh dan menangkap mangsanya ?

Ternyata dalam mulut ular terdapat kumpulan saraf yang bernama Jacobson. Letaknya di bagian atas mulut ular. Saat ular membuka mulut dan mengeluarkan lidahnya berarti mereka sedang memeriksa keadaan di sekitarnya.

Lidah ular yang berbentuk seperti garpu inilah yang berfungsi seperti hidung. Lalu, segala yang diciumnya akan dikirimkan ke Jacobson. Nah, dari situlah, ular akan bergerak, baik menghindar dari musuhnya atau malah mendekati makanannya seperti burung, kodok atau kadal.

Jadi, jika teman-teman melihat ular sedang mengeluarkan lidah berarti sedang mencium keadaan di sekitarnya. Tetapi jika melihat ular, jangan terlalu dekat ya, bisa-bisa kalian digigit karena dikira makanan lezat untuknya.

Kapan Bumi Kiamat?
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Prasetyo Edi Marsudi.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Ketua DPRD DKI menilai RKPD tahun 2025 tidak fokus.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024