Gunung Semeru Waspada

Lereng Gunung Semeru Banjir Lahar

VIVAnews - Akibat hujan terus-menerus selama empat hari, banjir Lahar dingin menimpa lereng Gunung Semeru, Jawa Timur sejak Kamis 1 Januari 2009.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Kawah gunung Semeru yang tak mampu lagi menampung air, lantas memuntahkan lahar dingir yang disertai bebatuan besar dan pasir. Akibatnya, dua sungai di Desa Bades dan Desa Bagus, Probolinggo, banjir lahar. Warga di kedua desa itupun terisolasi.

Menurut salah satu warga lereng Semeru, Sukardi, satu-satunya akses jalan menuju Desa Bades dan Desa Besukat tergenang banjir. Ditambahkannya, banjir lahar dingin biasanya hanya menimpa sungai diĀ  Desa Besukat. Namun, karena intensitas air sangat tinggi, wilayah terkena banjir lahar meluas. "Ini bukan kali pertamanya ada banjir lahar di lereng Semeru, tapi masalahnya tetap sama, akses jalan terputus. Belum ada solusi dari pemerintah," kata Sukardi, Jumat 2 Januari 2009.

Gunung Semeru saat ini berstatus waspada. Sejak pekanĀ  lalu, gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut meletuskan asap dan menyemburkan abu. Tak hanya mengotori sekitar gunung, abu terbang sampai Kota Lumajang, Jawa Timur yang jaraknya sekitar 30-40 kilometer.

Jalur pendakian di gunung tertinggi di Pulau Jawa itu saat ini ditutup sampai Desa Kali Mlati. Warga yang biasanya merayakan pergantian tahun baru 2009 di Gunung Semeru, tak diperbolehkan. Beberapa wisatawan yang awalnya merencanakan melewati malam tahun baru di Semeru, dikabarkan berpindah lokasi di puncak Gunung Bromo.

Laporan: Taufik Jumaan/ Probolinggo.

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024