Muchdi Pr Bebas

Pengacara Minta Jaksa Tak Banding

VIVAnews - Tim kuasa hukum Muchdi Purwopranjono meminta jaksa tidak melakukan banding atas vonis bebas kliennya. Menurut mereka, jaksa justru melakukan perbuatan melawan hukum jika mengajukan banding.

"Tidak berdasarkan fakta hukum," kata Mahendradatta dalam konferensi pers mengklarifikasi pasca pembebasan Mudchdi di Restoran Pulau Dua Senayan, Jakarta, Minggu 4 Januari 2009. Mahendradatta menjelaskan, dalam Pasal 244 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, dijelaskan tidak ada kasasi, atau banding terhadap putusan bebas.

Dia juga Mencurigai bahwa sejak awal kasus Muchdi ini rekayasa dari pihak-pihak tertentu. Dia mencontohkan beberapa kejanggalan adalah adanya alat bukti berupa adanya catatan komunikasi antara nomor Muchdi dengan nomor Pollycarpus.

Dalam transkrip tersebut tercatat komunikasi keduanya dilakukan pada 7 September 2004. Dijelaskan pula pada saat itu Muchdi melakukan komunikasi dari Surabaya. Padahal saat itu Muchdi berada di Malaysia, yang dibuktikan dalam catatan paspor yang menyebutkan Muchdi pergi ke Malaysia pada 6 September 2004, dan baru kembali ke Jakarta 12 September 2004.

"Faktanya jelas," tandasnya.

Sedangkan mengenai kesaksian Budi Santoso, dia curiga bahwa Budi Santoso merupakan saksi yang tidak akan pernah didatangkan. "Sejak awal kami curiga dia (Budi Santoso) tidak akan dimajukan di pengadilan. Ini persis kasus yang melibatkan Abu Bakar Baasyi dan Jafar Umar Thalib. Waktu itu Omar Al Faruq tidak pernah di datangkan," tuturnya.

Menurutnya hal ini itu dilakukan agar Berita Acara Pemeriksaan bisa dibacakan di pengadilan. Mahendradatta berpendapat  secara hukum Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah memutuskan secara bijaksana dan seusai dengan fakta hukum.

Pada 31 Desember 2008, ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharto, membebaskan Muchdi PR dari segala dakwaan. Hakim meminta jaksa penuntut umum untuk membuktikan beberapa hal. "Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perencanaan pembunuhan terhadap Munir sesuai dakwaan jaksa," kata Suharto.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024