Francois Mitterrand Tutup Usia

VIVAnews – Pada 8 Januari 1996, mantan presiden Prancis, Francois Mitterrand meninggal dunia. Mitterrand tutup usia dalam usia 79 tahun akibat menderita kanker prostat. Ia adalah presiden terlama yang pernah memerintah Prancis, yakni antara tahun 1981 hingga 1995.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Meski dipandang sebagai salah satu politisi besar Prancis di abad kedua puluh, riwayat hidup Mitterrand penuh dengan kontroversi. Karir politik putera mantan kepala stasiun ini dimulai tahun 1947 saat ia diangkat sebagai menteri di bawah pemerintahan Charles de Gaulle.

Pada tahun 1965, Mitterrand mulai mengincar kursi presiden Prancis namun gagal. Baru pada tahun 1981, ia berhasil memenangkan pemilu dan menjadi presiden sosialis pertama Prancis dalam 35 tahun.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Masa jabatan Mitterrand yang berakhir pada Mei 1995 diwarnai skandal. Ia dikenal sebagai pria flamboyan yang menjalin affair dengan sejumlah wanita termasuk artis dan sesama politisi. Ia juga dikritik karena membangun banyak monumen mahal di Prancis, di saat tingkat hutang dan angka pengangguran di negaranya tinggi.

Setelah meninggal, sejumlah skandal Mitterrand semasa menjabat mulai terkuak. Beberapa mantan pegawainya disidang pada Oktober 2004 karena menyadap telepon rival politik Mitterrand.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Pada Juli 2005, Laksamana Pierre Lacoste, mantan kepala badan intelejen Prancis, mengakui jika pemboman kapal Greenpeace, Rainbow Warrior di Selandia Baru dilakukan atas perintah Mitterrand.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024