Gelombang Tinggi, Nelayan Diminta Tak Melaut

VIVAnews - Badan Meteorologi dan Geofisika Nusa Tenggara Barat mengingatkan nelayan untuk tidak melaut. Data Badan Meteorologi dan Geofisika NTB menunjukkan tinggi gelombang laut mencapai 1,5 hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin rata-rata 5-22 kilometer per jam. Kondisi laut demikian cukup membahayakan bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil.

Petugas Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) NTB Rahman mengatakan dengan ketinggian gelombang seperti itu sangat riskan bagi nelayan untuk melaut. Meski demikian dia menegaskan pihaknya tidak dapat mengeluarkan peringatan terkait masalah itu.

"Kalau untuk mengeluarkan peringatan itu adalah wewenang Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP),tapi kalau melihat cuaca dan hasil pantauan kami kapal-kapal kecil harus berhati-hati," katanya kepada VIVAnews, Rabu 7 Januari 2009.

Pantauan VIVAnews di Pantai Ampenan Mataram menunjukkan tinggi gelombang mencapai 1,5 meter. Akibatnya sejumlah nelayan terpaksa meminggirkan perahu mereka. Menurut Suhaimi nelayan setempat mengaku sudah seminggu terakhir dia cuti melaut.

Untuk kebutuhan sehari-hari Suhaimi mengaku terpaksa berhutang kepada tetangganya. "Tiga hari lalu saya coba melaut tapi tidak menghasilkan apa-apa, gak sebanding antara pendapatan dengan resikonya," katanya.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Shin Tae-yong jadi sosok pelatih yang dicintai masyarakat Indonesia karena sukses membawa Timnas U-23 menorehkan sejarah. Ternyata, dirinya juga mahir dalam berkendara.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024