Pajak Berpotensi Turun

Pemerintah Berharap Kompensasi Sunset Policy


VIVAnews - Pemerintah akan menutupi potensi turunnya penerimaan pajak akibat turunnya target pertumbuhan ekonomi menjadi 4,5-5 persen, serta turunnya sejumlah tarif pajak.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak pajak antara lain kompensasi program sunset policy, penambahan jumlah wajib pajak, perbaikan administrasi dan membaiknya kepatuhan pajak.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Anggito Abimanyu mengakui turunnya pertumbuhan ekonomi akan berdampak pada penurunan penerimaan pajak. Tetapi imbasnya akan dihitung per sektor. "Kami juga akan melihat apakah yang turun investasi atau konsumsinya," kata dia.

Anggito menjelaskan sesungguhnya pemerintah menargetkan penerimaan pajak tahun ini akan tumbuh 20 persen. Namun, pemerintah juga mengantisipasi terjadinya perubahan atau penurunan target penerimaan pajak seiring dengan adanya perubahan tarif pajak di APBN 2009.

"Ini akan dievaluasi mengacu pada pertumbuhan ekonomi, daya beli, dan asumsi makro ekonomi," katanya. Karena itu, pemerintah juga berjaga-jaga dengan menyiapkan tambalan lain seperti dana sisa lebih anggaran (SILPA) 2008.

Di sisi lain, pemerintah juga mempersiapkan standby loan dari beberapa negara yang sudah berkomitmen. Pemerintah sudah membicarakan dengan Bank Dunia. "Februari bank dunia ada pertemuan, mudah-mudahan sudah ada nominalnya," ia menyebutkan.

Selain Bank Dunia, pemerintah juga menjalin perjanjian bilateral dengan beberapa negara seperti Prancis, Inggris, Australia. Di APBN 2009, standby loan ditetapkan US$5,5 miliar. Dana itu siap digunakan jika pemerintah kekurangan dana.

Panen raya di Kabupaten Purwakarta

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Panen raya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus digencarkan memutus mata rantai darurat pangan jelang musim lebaran Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024