Pemilihan Pimpinan MA

Pemilihan Wakil Ketua MA Berjalan Alot

VIVAnews - Beda dengan pemilihan Ketua Mahkamah Agung yang langsung meloloskan nama Harifin Tumpa sebagai pemenang, pemilihan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial berjalan alot.

Pada pemilihan putaran pertama, Paulus Effendy Lotulung mendapat suara terbanyak yakni 20, disusul Abdul Kadir Mappong dengan 14 suara, dan Djoko Sarwoko 6 suara. Sementara, Ahmad Kamil, Abbas Said, dan Artidjo Alkostar masing-masing mendapat satu suara.

Meski mendapat suara paling banyak, Paulus tak otomatis menjadi Wakil Ketua MA karena tak mendapat 50 persen. Berdasarkan tata tertib, seharusnya ada pemilihan putaran kedua.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Namun, ketika ditanya kesediaannya, Paulus dan Djoko tak bersedia. Sementara, Mappong yang menduduki peringkat kedua menyatakan kesediaannya.

"Kejadian sekarang tidak biasa dalam tata tertib," kata Sekretaris MA, Rum Nessa di Ruang Kusumaatmaja, Gedung Mahkamah Agung, Kamis 15 Januari 2009.  Pemilihan ditunda 15 menit untuk rapat. "Untuk membicarakan kejadian ini, tidak ada dalam atta tertib," kata Rum Nessa. Sekitar pukul 11.15 WIB, keputusan baru dikeluarkan.

Siapapun nama yang terpilih akan menggantikan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Marianna Sutadi yang pensiun pada 12 Oktober 2008.


Ilustrasi Penganiayaan Anak

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Viral anak selebgram asal Malang, Emy Aghnia jadi korban penganiayaan oleh suster yang jadi pengasuhnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024