Cuaca Buruk, Pembangunan Bandara Terhenti

VIVAnews - Cuaca buruk yang terjadi sepekan terakhir mengganggu pekerjaan pembangunan Bandara Internasional Lombok (BIL) di
Kabupaten Lombok Tengah NTB. Angkasa Pura I NTB selaku penanggung jawab pembangunan BIL melakukan strategi agar proses
pembangunan tetap berjalan.

Deputi Direktur Administrasi proyek dan pengadaan Bandara Internasional Lombok I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, sementara  pekerja menyelesaikan pekerjaan konstruksi bangunan sehingga mereka tetap menjalankan kewajibannya.

Sedangkan proses pengerjaan lahan seperti penggalian, perataan tanah sementara di hentikan apabila cuaca sangat tidak mendukung
seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Itu dilakukan untuk menjaga keselamatan pekerja terutama yang bekerja di lahan terbuka.

"Jika cuaca sangat buruk seperti beberapa waktu lalu,ya pekerjaan kita hentikan sementara,tapi kalau hanya hujan kecil pekerjaan tetap berjalan," katanya kepada VIVAnews, Kamis 15 Januari 2009.

Dia menambahkan, secara umum proyek pengerjaan BIL masih tetap berjala. Diharapkan proyek ini selesai sesuai dengan target yang di tentukan.

Saat ini pekerjaan runway mencapai 58 persen,pekerjaan terminal penumpang 18 persen,appron dan taxiway mencapai 95,260 persen. Sedangkan area parkir dan jalan lingkungan sudah mencapai 28 persen.

Sementara itu proses pembiayaan pembangunan Bandara Internasional Lombok belum ada perubahan signifikan. Investasi proyek ini sudah disepakati bersama oleh provinsi NTB,Kabupaten Lombok Tengah dan Angkasa Pura I.

Total dana investasi mencapai Rp 802 milyar dengan perincian investasi provinsi Rp 117 milyar,Kabupaten Rp 41 milyar dan Angkasa
Pura Rp 644 milyar. "Sampai saat ini belum ada penambahan investasi. Saya kira semua akan berjalan sesuai rencana," ujarnya.

Saat ini pihaknya akan mulai mengerjakan tiga paket baru yakni pekerjaan fasilitas penunjang seperti tower, bangunan operasional,
pekerjaan mekanikal dan elektrikal line side dan pekerjaan mekanikal dan elektrikal air side seperti pemasangan paket peralatan airfield dan lighting system.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23
Ilustrasi jemaah umrah.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan pemegang berbagai jenis visa dapat melakukan ibadah umrah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024